Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dituduh Bantu KTM Menang, Ini Kata Michelin

JAKARTA, KOMPAS.com – Kemenangan pebalap Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder di MotoGP Ceko pada Minggu (9/8/2020), menuai polemik. KTM disebut-sebut punya hubungan lebih dekat ketimbang pabrikan lain, dengan pemasok ban Michelin.

Berbeda dengan banyak pebalap yang mengalami masalah pada ban, Binder justru bisa melesat dan meninggalkan para lawannya.

Fabio Quartararo bahkan sempat menuduh Michelin bermain di belakang kemenangan Binder. Menurutnya, banyaknya tes yang dilakukan di Brno dan Austria telah menguntungkan KTM.

Manajer MotoGP Michelin Piero Taramaso, mengatakan, MotoGP Ceko kemarin merupakan salah satu balap yang sulit. Ia menyangkal tuduhan yang dilayangkan kepada pihaknya.

“Pertama-tama karena kondisi trek, daya cengkeramnya sangat minim, jauh lebih buruk daripada tahun 2019,” ujar Taramaso, dikutip dari laman Moto.it (13/8/2020).

“Suhunya juga bertambah, karena pada sore hari sudah 50 derajat celcius di aspal, sehingga pebalap serasa berkendara di atas beton halus,” katanya.

Taramaso juga mengatakan, uji coba yang lebih banyak dilakukan KTM jelas membantu pebalapnya bisa beradaptasi lebih baik di sirkuit Brno.

“Tes jelas membantu, itu tidak terbantahkan. Karena dengan begitu pada sesi Jumat, Anda sudah memiliki dasar untuk bekerja, jadi Anda tidak memulai dari nol,” ucap Taramaso.

Ia menambahkan, ban yang digunakan KTM maupun tim pabrikan lainnya pada MotoGP Ceko merupakan ban yang sama.

“Kami memutuskan bannya terlebih dahulu, kemudian jika ada yang menguji kami berikan ban yang telah kami pilih untuk balapan. Yang jelas kami tidak pernah mengubah pilihan kami berdasarkan hasil tes ini,” tuturnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/13/160100415/dituduh-bantu-ktm-menang-ini-kata-michelin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke