Salin Artikel

Fitur Quick Shifter Honda CBR250RR SP Berbeda dengan Ninja ZX-25R

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah Kawasaki menyematkan fitur quick shifter pada Ninja ZX-25R, Honda tak mau ketinggalan. CBR250RR SP juga sudah dibekali fitur yang serupa. Namun, ada sedikit perbedaan pada fitur ini.

Quick shifter berfungsi untuk mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi dan penggantian gigi tanpa menarik tuas kopling.

Fitur yang umum digunakan pada motor balap ini dapat memberikan akselerasi yang lebih responsif, karena tidak ada jeda waktu saat memindahkan gigi.

Pada Ninja ZX-25R, quick shifter baru akan bisa digunakan saat putaran mesin mencapai 2.500 rpm atau lebih. Pengendara bisa menggunakannya untuk upshift dan downshift.

Sementara pada CBR250RR SP, dalam keterangan resmi Honda, tidak disebutkan fitur ini dapat dioperasikan pada rpm berapa. Namun, ada beberapa pengaturan pada quick shifter yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Terdapat 4 mode quick shifter yang dapat disesuaikan, yaitu mode yang mengaktifkan quick shifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi (upshift dan downshift), untuk menaikkan gigi saja (upshift), untuk menurunkan gigi saja (downshift), dan mode quick shifter off.

Ninja ZX-25R jadi motor 250 cc 4-silinder pertama yang dibekali fitur quick shifter. Sedangkan di kelas 250 cc 2-silinder, CBR250RR SP yang pertama kali pakai quick shifter.

Di kelas motor 250 cc, hanya Ninja 250 2-silinder dan Yamaha R25 yang belum dibekali fitur quick shifter.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/24/162200015/fitur-quick-shifter-honda-cbr250rr-sp-berbeda-dengan-ninja-zx-25r

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.