Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Curanmor Meningkat saat New Normal, Polisi Imbau Kunci Ganda

JAKARTA, KOMPAS.com – Polri mencatat angka kriminalitas di masa transisi new normal mengalami peningkatan dibandingkan saat masa-masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurut catatan Polri, pada Minggu ke-24 tahun 2020 jumlah angka kriminalitas terbilang tinggi, yakni mencapai 5.876 kasus. Dibandingkan minggu sebelumnya, sebanyak 4.244 kasus.

“Dalam hal ini Polri ikut prihatin mengenai angka kriminalitas pada Minggu ke-24 yang melonjak naik jika dibandingkan Minggu ke-23. Kenaikannya cukup signifikan yaitu 38,45 persen,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono, dalam keterangan tertulis (17/6/2020).

Menurutnya, tren peningkatan kejahatan mulai terlihat sejak akhir Mei sampai awal Juni 2020, kondisi saat masyarakat mulai beraktivitas kembali di luar rumah.

Awi mengatakan, kondisi ini memancing kejahatan yang sebelumnya tidak bisa dilakukan. Seperti pencurian dengan pemberatan seperti jambret dan begal.

Oleh karena itu warga diharapkan tidak menggunakan atau membawa barang yang memancing para pelaku kejahatan.

“Tentunya masyarakat harus mulai berhati-hati jika menggunakan perhiasan, kendaraan bermotor saat melewati jalan yang sepi di malam hari dan kurang penerangan,” kata Awi.

“Serta saat meninggalkan kendaraan atau rumah harus pastikan betul-betul terkunci, khususnya roda dua untuk diberikan kunci ekstra,” tuturnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/18/094200415/curanmor-meningkat-saat-new-normal-polisi-imbau-kunci-ganda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke