Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Wuling Siapkan Pesaing Innova | Syarat Bikin SIM Gratis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling rupanya sedang bersiap untuk meluncurkan produk terbarunya di segmen mobil keluarga. Pabrikan asal China ini bahkan sudah merilis tampilan sketsa calon multi purpose vehicle ( MPV) bernama Victory.

Tak hanya itu saja, MPV yang akan bermain di kelas MPV menengah ini juga berstatus produk global.

Artinya, bila sampai hadir dan dipasarkan di Indonesia, otomatis akan langsung menjadi rival bagi Toyota Innova.

Selain itu yang tak kalah menarik soal rencana Polri menggrariskan bikin SIM.

Penasaran seperti apa, berikut ini 5 berita terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu 13 Juni 2020:

1. Wuling Siap Merilis MPV Penantang Toyota Innova

Wuling rupanya sedang bersiap untuk meluncurkan produk terbarunya di segmen mobil keluarga. Pabrikan asal China ini bahkan sudah merilis tampilan sketsa calon multi purpose vehicle ( MPV) bernama Victory.

Tak hanya itu saja, MPV yang akan bermain di kelas MPV menengah ini juga berstatus produk global.

Artinya, bila sampai hadir dan dipasarkan di Indonesia, otomatis akan langsung menjadi rival bagi Toyota Innova.

2. Motor Injeksi Tak Boleh Kehabisan Bensin, Mitos atau Fakta?

Setiap kendaraan bermotor pastilah terdapat indikator penunjuk sisa bahan bakar minyak ( BBM) yang ada di dalam tangki.

Dengan adanya panel tersebut, tentunya pemilik kendaraan bisa mengetahui seberapa banyak sisa bahan bakar yang bisa digunakan tanpa harus membuka tutup tangki untuk melihatnya.

Akan tetapi, faktor lupa atau juga karena kesibukan dalam bekerja bisa membuat seseorang melupakan sisa bahan bakar yang tersedia di dalam tangki kendaraan.

Alhasil, saat asyik berkendara di tengah perjalanan tiba-tiba kendaraan terhenti mendadak karena tidak ada lagi bensin yang tersisa. Kejadian seperti ini bisa menimpa siapa pun dan di mana saja.

3. Diklaim Mobil Teraman, Daihatsu Rocky Siap Masuk Indonesia?

Belum lama meluncur, Daihatsu Rocky sudah sukses menyebet penghargaan bintang lima sebagai mobil teraman dalam uji keselamatan yang dilakukan Japan New Car Assesment Program ( JNCAP).

Mobil yang pernah digadang-gadang sebagai adik dari Terios ini berhasil mendapat rating tertinggi yang hasilnya dikeluarkan oleh Kementerain Transportasi Jepang dan National Agency for Automotive Safety & Victims'Aid (NASVA).

JNCAP melakukan evaluasi pengujian melalui pertimbangan kasus aktual dan karaktiristik kecelakaan lalu lintas yang banyak terjadi di Jepang.

Secara keseluruhan ada tiga aspek utama, yakni meliputi perlindungan terhadap penumpang, perlindungan pejalan kaki, dan sabuk pengaman atau safety belt.

4. Ini Syarat Bikin SIM Gratis Saat HUT Ke-74 Bhayangkara

Dalam rangka menyambut hari ulang tahun ( HUT) ke-74 Bhayangkara, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan mengadakan program pembuatan surat izin mengemudi ( SIM) gratis.

Program ini direncanakan akan berlangsung pada 1 Juli 2020 bertepatan dengan HUT Bhayangkara.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim AKBP Adhitya Panji mengatakan, program tersebut saat ini masih dalam tahap proses persiapan.

“Nantinya akan diadakan serentak di seluruh Indonesia pas pada 1 Juli 2020 atau bersamaan dengan HUT Bhayangkara,” katanya kepada Kompas.com, Sabtu (13/6/2020).

5. Sudah Tahu Fungsi Tonjolan Hitam di Bagian Belakang CVT Skutik?

Skuter matik (skutik) merupakan jenis sepeda motor terlaris di Indonesia saat ini. Namun, ada bagian yang menarik dari mesin motor skutik, pada CVTnya, ada tonjolan hitam, posisinya dekat dengan suspensi belakang.

Tonjolan ini biasanya ada pada skutik dari merek Honda. Pada motor yang basis mesinnya sama seperti Genio dan Beat memiliki model yang sama. Begitu juga pada Scoopy, Vario, dan PCX.

Bagi yang penasaran, sebenarnya apa fungsi dari tonjolan hitam tersebut?

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/14/064000615/-populer-otomotif-wuling-siapkan-pesaing-innova-syarat-bikin-sim-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke