Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak yang Belum Paham Fungsi Tombol Pengunci Tuas Transmisi Matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Tuas transmisi pada mobil matik, pada umumnya memiliki dua model, yaitu gate (zigzag) dan straight (lurus).

Namun, biasanya hanya tuas dengan model straight yang memiliki tombol pengunci pada bagian tuasnya.

Sedangkan, untuk mobil matik yang menggunakan tuas dengan model zigzag jarang yang memiliki tombol pengunci.

Lantas, apa sebenarnya fungsi tombol tersebut?

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan, pada dasarnya fungsi tombol pada tuas transmisi adalah untuk mencegah transmisi berpindah secara tidak sengaja.

“Pengunci tombol tersebut berfungsi sebagai keamanan, untuk menghindari kalau kita tidak sengaja menyenggol tuas tersebut atau tergeser tidak sengaja,” ujar Anjar kepada Kompas.com.

Anjar menambahkan, sedangkan kalau untuk model gate memang jarang yang menggunakan tombol pengunci, karena agak sulit untuk tergeser secara tidak sengaja.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, pernyataan sama. Ketika transmisi berpindah dari P (Parkir) ke N (Netral), pengemudi harus menekan tuas pengunci tersebut.                      

“Jika tidak ada pengunci, ketika tuas tidak sengaja tersenggol bisa saja membuat mobil langsung bergerak dan akan berbahaya bagi si pengemudi, penumpang, juga orang yang berada disekitar,” ujar Didi.          

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/05/092200415/banyak-yang-belum-paham-fungsi-tombol-pengunci-tuas-transmisi-matik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke