Salin Artikel

Modifikasi Gran Max jadi Dcab cuma Rp 30 Jutaan

BOGOR, KOMPAS.com – Mobil double cabin (dcab) biasanya digunakan di area pertambangan atau dibeli oleh penyuka off road karena kemampuan mobilnya. Double cabin yang dijual di Indonesia saat ini meliputi Toyota Hilux, Nissan Navara, Isuzu D-Max dan Mitsubishi Triton.

Namun jika mencari kendaraan niaga yang lebih murah dari pikap kabin ganda biasa, Anda bisa melakukan modifikasi. Seperti yang dilakukan karoseri Delima Jaya di Bogor yang merubah Gran Max Blind Van menjadi pikap kabin ganda.

Winston Wiyanta, Managing Director dari karoseri Delima Jaya Group, mengatakan, pembuatan Gran Max dcab ini untuk memenuhi pesanan dari perusahaan minuman dan digunakan untuk berjualan. Sekarang mobil tersebut bisa dipesan secara perorangan.

“Pembuatan Gran Max dcab ini awalnya dari Gran Max yang blind van lalu kita potong bagian belakangnya, dibuat bak seperti pikap. Untuk pintu tengahnya, diberi jendela yang bisa dibuka dan kursi lipat pada baris keduanya,” kata Winston kepada Kompas.com belum lama ini.

Ubahan lain yang dilakukan yaitu model pintu bak yang membuka ke bawah seperti dcab pada umumnya. Namun untuk penggeraknya masih standar seperti Gran Max biasa, tidak dirubah jadi penggerak empat roda.

“Mobilnya digunakan untuk berjualan, jadi dibuat bak di belakang dan kursi baris kedua yang bisa dilipat untuk menyimpan barang,” ucap Winston.

Menurut dia, pemesanan mobil dcab seperti ini bisa atas nama perorangan, atau tidak hanya perusahaan. Jadi cocok untuk orang yang butuh kendaraan untuk berjualan yang praktis seperti pikap tetapi bisa memuat lebih banyak orang.

“Biaya pembuatan karoseri Gran Max double cabin Rp30 juta-an. Bisa dipesan untuk perseorangan juga karena kita sudah ada SKRB nya lengkap agar bisa proses Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT),” kata Winston.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/14/104200815/modifikasi-gran-max-jadi-dcab-cuma-rp-30-jutaan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.