Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suzuki Perpanjang Penutupan Pabrik Hingga 22 Mei 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Indonesia kembali memperpanjang waktu penghentian sementara kegiatan operasional pabrik mulai 11 hingga 22 Mei 2020.

Keputusan ini diambil sebagai bentuk dukungan pabrikan kepada pemerintah yang berupaya untuk memutus rantai penyebaran virus corona alias Covid-19 di Tanah Air dengan memperpanjang periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Di luar itu, Suzuki juga memiliki kebijakan “Hygiene Commitment” yang berlaku bagi perusahaan dan semua diler. Untuk itu, selama dua minggu ke depan kami akan kembali menghentikan sementara semua kegiatan di pabrik,” ujar Seiji Itayama, President Director PT Suzuki Indomobil Motor/PT Suzuki Indomobil Sales di keterangan resmi, Sabtu (9/5/2020).

Pada penghentian sementara kali ini, semua kegiatan di ketiga pabrik Suzuki yang ada di Cakung, Tambun, dan Cikarang seluruhnya berhenti beroperasi.

Bahkan, pengadaan unit ekspor yang pada periode sebelumnya beroperasi selama empat hari untuk memenuhi permintaan di beberapa negara juga kembali dihentikan.

Ke depan, Suzuki berharap dapat membuka kembali opersional pabrik dengan normal. Untuk itu, pabrikan akan melakukan pengkajian bagaimana cara menerapkan protokol keamanan dan keselamatan yang sesuai aturan pemerintah dan Hygiene Commitment Suzuki.

“Saat ini kami merencanakan untuk melakukan studi dan mempertimbangkan bagaimana agar operasional pabrik bisa berjalan dengan tetap menerapkan protokol keamanan dan keselamatan yang ketat, seperti pengaturan jarak aman di line produksi atau interaksi di antara karyawan,” kata Itayama.

Selama perpanjangan periode penghentian sementara kali ini, Suzuki juga tetap akan memberikan upah dasar secara penuh kepada karyawan yang sementara tidak bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Di samping memprioritaskan keselamatan karyawan, lanjut Itayama, Suzuki tetap fokus pada kualitas layanan pelanggan melalui berbagai layanan digital yang dimiliki Suzuki.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/10/080100815/suzuki-perpanjang-penutupan-pabrik-hingga-22-mei-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke