Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Mobil Transmisi Matik Rawan Rem Blong? | Kunci Setang Skutik ke Kanan Anti Maling

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan kendaraan roda empat dengan transmisi otomatis begitu pesat. Mobil matik mendapatkan tempat tersendiri bagi para pengemudi yang tidak mau disibukan dengan menginjak pedal kopling dan memindahkan tuas persneling.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkannya, tidak heran jika banyak yang beranggapan bahwa mengendarai mobil matik lebih nyaman dibandingkan dengan mobil manual.

Hal ini salah satunya karena pengemudi tidak perlu memindah gigi persneling saat akan menambah kecepatan atau menguranginya.

Selain itu, yang tak kalah menariknya lagi soal kunci skutik ke arah kanan akan mempersulit gerak maling ketika mencoba ingin mencuri.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Minggu 19 April 2020:

1. Mitos atau Fakta, Mobil Transmisi Matik Rawan Rem Blong?

Dealer Technical Support, Dept. Head PT. Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan, mobil matik tidak seperti mobil manual yang bisa menggunakan engine untuk mengurangi kecepatan kendaraan terutama saat di jalan menurun.

“Sedangkan kalau mobil matik tidak memasukkan gigi rendah tapi hanya mengandalkan rem saja untuk mengurangi kecepatan,” katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Penggunaan rem yang berlebihan, lanjut Didi akan menyebabkan panas atau minyak rem menjadi mendidih.

Efeknya adalah terjadinya vapor lock pada sistem pengereman mobil dengan transmisi otomatis.

2. Begini Bocoran Tampang Nissan X-Trail Terbaru

Setelah muncul beberapa kali lewat gambar paten atau hasil render, wujud nyata dari generasi baru Nissan X-Trail atau yang di beberapa negara dinamai Rogue mulai terungkap.

Dilansir dari laman Headlightmag, X-Trail terbaru kini terlihat lebih agresif dan lebih mengotak dari generasi sebelumnya.

Mulai dari bagian depan, desain gril V-Motion yang sama dengan bahasa desain model Nissan lainnya tampak diadopsi X-Trail terbaru.

3. Ingat lagi Sindiran Keras Stoner kepada Rossi yang Melegenda

Selama karir balapnya Valentino Rossi pernah jadi rival sengit Casey Stoner. Salah satu momen terhebat keduanya terjadi di GP Jerez 2011, yang mana kini menjadi legenda di MotoGP.

Kejadiannya kala itu Rossi di Ducati dan Stoner di Honda. Rossi yang baru pindah rupanya kesulitan menaklukkan Ducati. Sejak awal Rossi berusaha memacu motornya sampai batas tertinggi.

Insiden terjadi di belokan saat Rossi ingin menyalip Stoner lewat jalur dalam. Overtaking-nya berhasil tapi saat mau keluar tikungan Rossi jatuh. Stoner yang berada di belakangnya akhirnya ikut jatuh.

4. Kenali Gejala V-belt Skutik Mulai Aus

Mengendarai sepeda motor dengan transmisi otomatis bisa dibilang lebih nyaman dibandingkan dengan motor bebek atau motor sport.

Pengendara hanya perlu mengatur gas dan laju kendaraan tanpa harus memikirkan waktu perpindahan gigi percepatan.

Selain lebih simpel, motor matik juga lebih fungsional saat digunakan untuk membawa barang atau belanjaan.

Tetapi, tidak sedikit pemilik motor matik yang dibuat khawatir jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada vanbeltnya.

5. Cegah Vapor Lock, Begini Cara Engine Brake pada Mobil Transmisi Matik

Saat mengendarai mobil dengan transmisi otomatis kadang membuat pengendara melupakan perpindahan posisi gear, terutama saat melintas di jalanan menurun yang curam.

Tidak sedikit pengemudi lebih memilih menginjak pedal rem dibandingkan dengan memindahkan gear pada posisi kecepatan rendah seperti 2 atau L.

Penggunaan rem secara berlebihan saat berkendara menggunakan kendaraan roda empat ternyata tidak disarankan karena bisa menimbulkan bahaya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/20/060200315/-populer-otomotif-mobil-transmisi-matik-rawan-rem-blong-kunci-setang-skutik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke