Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ganti Spion Motor, Jangan Hanya Terbuai Gaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), salah satu cara untuk menyiasati kebosanan adalah mengutak-atik sepeda motor. Banyak orang yang mengubah sendiri tampilan motornya di rumah.

Cara paling mudah, tapi cukup signifikan adalah mengganti spion dengan keluaran aftermarket. Saat PSBB, beli spion motor bisa dilakukan melalui situs belanja online.

Namun, perlu diingat bahwa spion sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting dalam menunjang keselamatan berkendara.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion (SRP) Wahana, mengatakan, seharusnya pengendara memahami dulu fungsi kaca spion itu apa. Spion itu membantu pandangan pengendara pada posisi belakang.

"Spion yang dikeluarkan pabrikan saja memiliki keterbatasan pandangan, ada area blindspot, sehingga kita tidak bisa melihat seluruh lingkungan berkendara kita," ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Agus menambahkan, ketika ingin mengganti kaca spion, sebaiknya jangan mengurangi keterbatasan pandangan. Selain itu, penempatannya juga diusahakan untuk tidak mengganggu dan membahayakan pengendara.

"Sehingga tetap nyaman melihat bagian belakang kita. Ukurannya juga disesuaikan, jangan terlalu kecil. Sebab, pastinya mengurangi pandangan, dan jangan terlalu besar juga, karena akan mengganggu kestabilan kendaraan," kata Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/11/104200615/ganti-spion-motor-jangan-hanya-terbuai-gaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke