Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cagiva Mito 125, Mini Superbike yang Tak Lekang Zaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi kembali menghadirkan foto sepeda motor spesial dalam bentuk ilustrasi karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni ini hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Kali ini, pada pekan ke-47 awak redaksi menghadirkan ilustrasi motor legendaris Cagiva Mito 125. Adapun Mito merupakan kompetitor Aprilia RS4 125 yang ditulis Kompas.com pada pekan lalu.

Mito merupakan motor langka di Indonesia. Meski kubikasinya kecil hanya 125cc motor ini punya tampilan seperti motor sport 250cc. Tak pelak dari luar banyak yang tertipu dengan sosoknya.

Mito lahir perdana pada 1989 kemudian mengalami perombakan pada awal 1990. Pada edisi tersebut nama Mito langsung naik daun karena punya garis desain mirip Ducati 916 yang merupakan salah satu desain motor sport terbaik di eranya.

Desain Mito yang serupa Ducati bukan tanpa sebab. Adalah Massimo Tamburini yang bertanggung jawab terhadap hal itu. Dia merupakan desainer Ducati 916 dan Cagiva, sehingga ''kemiripan'' jadi hal yang lumrah.

Kemiripannya bisa dilihat dari lampu utama kembar menyipit yang legendaris. Kemudian bagian buntut belakang yang seksi tak banyak lekuk, sedikit mengkotak tapi serasi dengan bagian depan.

Sama seperti Aprilia RS4 125, di Eropa motor ini dibuat untuk pengendara pemula. Meski begitu Cagiva tidak mau sembarangan, pabrikan memberikan banyak fitur untuk konsumennya.

Motor sport 125cc dibekali sasis deltabox. Suspensi depan model upside down (USD) dan lengan ayun belakang model pisang (melengkung), yang pada zamannya cukup tren.

Pengereman depan mengandalkan cakram yang dijepit kaliper Brembo 4 piston. Di atas kertas mungkin sedikit berlebihan karena kaliper 4 piston biasanya ditemui di motor kubikasi besar.

Mito mengusung mesin 125,6cc 2-tak berpendingin cairan. Rincian Bore x Stroke yakni 56 x 50.6 mm dengan kompresi 6.3:1 mampu menghasilkan 34 tk pada 12000 rpm dan torsi 23 Nm pada 11000 rpm.

Di atas kertas tenaga itu setara motor sport 250cc 4-tak zaman sekarang seperti Kawasaki Ninja, Honda CBR250RR dan Yamaha R25. Adapun top speed diklaim mampu mencapai 172 kpj.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/13/152948015/cagiva-mito-125-mini-superbike-yang-tak-lekang-zaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke