Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Restorasi dan Membeli Mobil Klasik

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki mobil lawas jadi salah satu penyaluran minat dan hobi untuk sebagian orang. Bagi yang sedang berencana untuk memiliki dan merestorasi mobil lawas, ada beberapa hal wajib diperhatikan.

Iman Kusumo, pemilik bengkel Gearhead Monkey Garage (GMG) di Pondok Pinang, Jakarta Selatan, mengatakan, tiga landasan utama yang wajib diperhatikan yaitu bodi, mesin, dan surat-surat.

“Tiga landasan itu yang membuat kami berani untuk melanjutkan restorasi. Kalau salah satu dari tiga hal itu enggak ada, pikir-pikir lagi deh,” ujarnya kepada Kompas.com (12/3/2020).

Iman mengatakan, hal ini berlaku bagi semua pecinta mobil lawas. Tak terkecuali senior atau pemula, penyuka mobil Amerika ataupun Jepang.

Sebelum merestorasi atau memodifikasi mobil kesayangan, pilihlah mobil yang punya landasan baik. Salah satunya kondisi mesin yang masih orisinal.

Menurutnya masalah mesin ini penting sebagai penentu keabsahan surat-surat kendaraan. Jika ada kerusakan pun terbilang masih bisa diatasi.

Bahkan memodifikasi bagian mesin, jadi hal yang paling mudah kata Iman. Sebab komponen mesin umumnya masih tersedia, atau jika agak sulit ditemukan, bisa melakukan subtitusi dengan komponen mobil lain.

Sementara untuk surat-surat kendaraan, seorang pemodifikasi harus memastikan keabsahan kendaraannya. Sebab mobil lawas dengan pajak hidup lebih bernilai ketimbang mobil yang bodong.

“Yang agak susah itu bodi, karena kalau strukturnya sudah hancur lebih menyulitkan. Jadi buat saya, pertama cari yang termurah tapi landasannya paling bagus,” kata Iman.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/13/081200915/perhatikan-3-hal-ini-sebelum-restorasi-dan-membeli-mobil-klasik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke