Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ibu Hamil Tewas Ditabrak, Ini Bahayanya Belajar Mobil di Jalan Raya

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini media sosial digemparkan dengan video pengemudi mobil yang menabrak ibu hamil hingga tewas.

Dalam video tersebut terlihat jelas mobil berjenis low SUV yang sedang berhenti, tiba-tiba melaju ketika ada ibu hamil hendak menyebrang.

Kejadian tersebut diduga terjadi karena si pengemudi wanita yang baru belajar mobil keliru, berniat menginjak rem ternyata malah menginjak gas.

Sony Susmana selaku Training Director Safety Defensive Consultant, mengatakan, kejadian seperti ini sudah sering terjadi. Sangat disarankan kepada para pengemudi yang baru belajar untuk memahami beberapa hal ini sebelum turun ke jalan raya.

“Pengemudi yang baru mau belajar mobil harus melewati beberapa langkah. Pertama tentang operasional kendaraan. Kalau berbicara mobil manual, ada tiga pedal yang harus dipahami, pengemudi harus mengikuti perintah mendadak dari instuktur untuk menginjak rem, kopling, gas,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com, Jum’at (28/02/2020)

Intruktur yang dimaksud Sony adalah orang yang bersertifikat, yang benar-benar paham akan kendaraan dan oprasionalnya.

Latihan dasar tersebut dilakukan pada mobil berhenti dalam keadaan mesin mati dan mesin hidup. Instruktur akan menilai apakah sudah benar dan lancar dalam menginjak pedal.

“Setelah dirasa lancar baru pengemudi lanjut ke step selanjutnya, yaitu belajar didalam cross trek. Artinya tempatnya luas, aman dan tetap didampingi oleh instruktur,” ujar Sony.

Menurut Sony hal tersebut harus benar-benar matang, dan pengujinya harus yakin bahwa pengemudi ini sudah siap ketika dibawa ke jalan raya atau jalan umum.

“Kebiasaan orang Indonesia ‘learning by doing’, latihan mengemudi langsung di tempat umum, padahal pengemudinya belum mengerti dasar-dasar menyetir. Akibatnya fatal, nyawa orang lain bisa melayang,” ujar Sony.

Sony kembali mengingatkan kepada pengemudi mobil yang baru ingin belajar atau baru bisa membawa mobil untuk tidak menyepelakan aturan mengemudi, harus benar-benar paham dasar-dasar menyetir baru bisa turun ke jalan raya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/28/111217915/ibu-hamil-tewas-ditabrak-ini-bahayanya-belajar-mobil-di-jalan-raya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke