Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AHM Klaim Recall PCX 150 Sudah Dipublikasi di Media Massa

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor ( AHM) tidak menampik bahwa tahun lalu telah melakukan kampanye perbaikan massal alias recall terhadap 3.930 unit PCX 150 produksi 26-29 Juni 2019.

Wakil Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Johannes Loman, menolak jika recall itu dilakukan tertutup. Loman menyebut pihaknya sudah mengumumkan soal kampanye tersebut di media massa.

"Dipublikasikan, di koran-koran sudah ada. Tidak, tidak (menutupi)," kata Loman yang dimintai keterangan di Astra Auto Fest 2020, di Serpong, Tangerang, Selasa (19/2/2020).

Meski demikian, Loman tidak merinci kapan pemberitahuan tersebut dilakukan dan pada media massa cetak apa saja.

Adapun sebelumnya, Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, pemilik PCX 150 dipanggil melalui surat undangan.

"Kami memang melayangkan surat ke beberapa pemilik PCX untuk pemeriksaan unit tahun lalu. Jumlahnya tidak banyak, hanya sebagian dari jumlah PCX secara keseluruhan. Sebagian besar dari mereka telah datang ke AHASS," kata Muhib kepada Kompas.com.

Muhib mengatakan, adapun bagi pemilik yang tidak mendapatkan surat maka tidak perlu khawatir. Itu menandakan unit PCX yang dimiliki tidak terindikasi memiliki masalah tersebut.

Alasan AHM karena pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 53 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penarikan Kembali Kendaraan Bermotor pengumuman ke media massa tidak diwajibkan.

"Kami sudah sampaikan ke Kemenhub dan konsumen sesuai dengan aturan yang berlaku, tidak diam-diam. Kami memilih mekanisme yang kami yakini efektif untuk mengundang konsumen tanpa melanggar hukum," kata Muhib.

"Tidak banyak orang yang tahu itu tak bisa dikatakan diam-diam," lanjut pria yang akrab disapa Muhib ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/19/132123815/ahm-klaim-recall-pcx-150-sudah-dipublikasi-di-media-massa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke