Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] 28 Gerbang Tol Kena Ganjil Genap | Harganya Anjlok, Peminat Ford dan Chevrolet Bekas Masih Banyak

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi mengenai ganjil genap di DKI Jakarta masih menjadi perhatian masyarakat. Terutama soal penghapusan pengecualian keluar dan masuk gerbang tol.

Total, terdapat 28 gerbang tol yang sejak pertengahan 2019 menerapkan aturan tersebut. Maksudnya, tidak ada pengecualian untuk pengguna mobil melintas masuk atau keluar menuju jalan yang diterapkan ganjil genap.

Selain itu, yang menjadi sorotan lagi soal merek otomotif Chevrolet dan Ford. Harga mobil bekasnya turun, tetapi masih diminati oleh konsumen.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Selasa (21/1/2020).

1. Ini Daftar 28 Gerbang Tol yang Kena Aturan Ganjil Genap Jakarta

Belakangan ini muncul kecenderungan pengguna kendaraan, khususnya roda empat, berhenti di bahu jalan tol menunggu berakhirnya waktu penerapan ganjil genap.

Sebab, setelah diperluas sejak akhir tahun lalu, akses masuk dan keluar tol tidak lagi bebas dari aturan itu.

Total, terdapat 28 gerbang tol di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang terkena perluasan sistem ganjil genap.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, terdapat 25 ruas jalan dan 28 gerbang tol di Jakarta yang terkena perluasan sistem pembatasan. Pelaksanaan di jalan koridor perluasan ganjil genap itu di dalam on-off ramp tol tidak lagi diberi pengecualian.

2. Ingat, Bonceng Dua Penumpang di Sepeda Motor Bisa Didenda Rp 250.000

Salah satu pelanggaran yang masih 'gemar' dilakukan beberapa pengendara sepeda motor Indonesia ialah mengangkut dua orang penumpang atau lebih pada satu kesempatan.

Parahya, rata-rata pengguna dan penumpang tersebut tidak menggunakan perlengkapan secara lengkap seperti helm, sarung tangan, jaket, dan lainnya.

"Padahal sudah cukup banyak kasus kecelakaan terjadi akibat prilaku ini. Kadang jika ingin efektif dan efisien, cara ceroboh menjadi seperti hal biasa. Ini tidak dibenarkan dan jangan dibiasakan," kata Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu kepada Kompas.com, belum lama ini.

3. Muncul Modus Baru Akali Ganjil Genap, Berhenti di Bahu Jalan Tol

Perluasan kawasan ganjil genap di DKI Jakarta sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu. Meskipun di jalan tol tidak diberlakukan aturan itu, tetapi akses menuju dan keluar gerbang tol tidak lagi bebas.

Setidaknya, ada 28 gerbang tol yang terkena perluasan sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap.

Maksudnya, jika mobil berpelat nomor berbeda dengan tanggal dan akan keluar dari tol atau masuk tol pada waktu penerapan ganjil genap, bisa dikenakan sanksi.

4. Harga Bekasnya Turun, Peminat Ford dan Chevrolet Seken Masih Banyak

Meski APM merek Ford dan Chevrolet memutuskan mundur dari Indonesia. Nyatanya hal tersebut tak menghilangkan minat konsumen untuk membeli mobil dari kedua merek tersebut.

Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan jika mundurnya APM Ford dan Chevrolet telah membuat harga mobil bekas dari keduanya anjlok di pasaran.

Menurutnya, mobil Jepang kondisi bekas biasanya terdepresiasi sebanyak 15 sampai 25 persen. Sementara mobil Amerika bisa lebih banyak lagi, apalagi jika APM-nya mundur seperti Ford dan Chevrolet.

5. Simak Perbedaan Jimny dan Katana

Suzuki Jimny generasi ke dua memulai produksinya pada 1981. Lalu pada 1986 Suzuki menamai versi 4X2 Jimny menjadi Katana. Jimny dan Katana pada tahun produksi yang sama memiliki model eksterior dan interior yang tidak berbeda.

Jika dibandingkan setiap tahunnya, pasti ada perubahan-perubahan kecil seperti penggantian headlamp dari bulat menjadi kotak, bagian interior, dasbor, dan banyak lagi. Pada artikel ini akan membandingkan Jimny SJ410 yang paling tua (1981) dan Katana yang paling terakhir diproduksi (2006).

Dennis Emmanuel, pemilik dari bengkel modifikasi dan restorasi Jimny, MMC 4X4 mengatakan, perbandingan yang signifikan bisa dilihat dari Jimny yang paling tua dan Katana yang paling muda.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/22/060200815/-populer-otomotif-28-gerbang-tol-kena-ganjil-genap-harganya-anjlok-peminat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke