Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penurunan Harga Datsun Dianggap Wajar, Harga Baru Cuma Rp 100 Jutaan

JAKARTA, KOMPAS.com – Harga jual Datsun terbilang lebih murah dibandingkan model-model LCGC (Low Cost Green Car) lainnya. Untuk keluaran tahun 2014, Datsun sudah bisa didapatkan mulai Rp 65 jutaan sampai Rp 75 jutaan tergantung kondisi.

Herjanto Kosasih, Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan harga jual Datsun relatif lebih terjangkau dibandingkan model-model seperti Agya-Ayla, Calya-Sigra, Brio Satya, maupun Wagon R.

“Untuk yang tahun muda, sudah di bawah Rp 100 jutaan. Harganya pasti di bawah merek lainnya, karena peminatnya memang tidak begitu banyak,” ucapnya kepada Kompas.com (9/1/2020).

Menanggapi hal ini, Ketua DGCI (Datsun Go Community Indonesia) Chapter Depok Ahmad Zailani, mengatakan jika harga jual Datsun yang anlok wajar. Sebab saat pertama kali keluar model ini dibanderol sekitar Rp 100 jutaan saja.

“Untuk 2014 sih ya segitu harganya kalau dijual ke diler mobil bekas. Tapi kalau lansung ke pemakai bisa tembus Rp 80-85 juta,” ujar Zailani.

Ia juga mengatakan, rata-rata Datsun yang beredar di pasar mobil bekas adalah model generasi awal yang keluar sekitar 2014-2017. Sementara Datsun tahun muda yang keluar 2018-2019, belum banyak dijual oleh pemiliknya.

“Kalau saya pribadi menganggap hal itu wajar sih. Selain penyusutan nilai jual benda bergerak, memang harga jual LCGC kurang bagus. Dulu sih saya beli tahun 2014 harganya Rp 104 juta, lima tahun dipakai menyusut 30 juta wajar sih kalau menurut saya,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/09/125532515/penurunan-harga-datsun-dianggap-wajar-harga-baru-cuma-rp-100-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke