Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Spooring dan Balancing pada Mobil Perlu Rutin?

JAKARTA, KOMPAS.com – Proses spooring atau wheel alignment yang dalam bahasa Indonesia berarti penyelarasan roda mobil, sudah menjadi tugas rutin bagi para pemilik kendaraan. Kebiasaan yang sering melewati jalan dengan kondisi tidak menentu, membuat setelan roda berubah.

Hal ini terjadi lantaran roda mengalami kontak langsung dengan permukaan jalan. Roda akan mendapat efek saat ban mobil menghajar jalan berlubang atau rusak.

“Efek paling terasa setir tidak bisa lurus dan mobil terasa liar dikendarai, setir terasa lari-larian, masalah itu muncul dari roda,” ucap Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, kepada Kompas.com berapa waktu lalu.

Selain berpengaruh pada pengendalian atau handling, berubahnya setelan roda mobil juga bisa menyebabkan ban rusak. Sebab dengan kemiringan yang berubah, titik tumpuan mobil saat diisi beban juga berganti.

Belum lagi efek ban habis yang tidak merata karena perubahan tersebut. Untuk memperbaikinya, diperlukan wheel alignment yang menyetel sudut camber, caster, dan toe.

“Ban yang habisnya tidak merata terjadi karena ada bagian yang tertarik, makanya saat proses spooring atau balancing sebaiknya sambil dilakukan rotasi ban,” katanya.

Deni mengatakan sebetulnya tidak ada patokan waktu yang baku untuk melakukan spooring atau balancing. Asal posisi kemudi masih baik-baik saja, tidak ada kendala dalam pengendalian, roda mobil bisa dikatakan aman.

“Namun sesuai anjuran pabrikan, idealnya spooring dilakukan setiap enam bulan sekali atau 10.000 Km. Sambil mengecek kembangan ban juga, apakah habisnya rata atau tidak,” katanya.

Apalagi dengan kondisi jalan yang relatif masih belum mulus seluruhnya, dan sering memacu mobil dalam kecepatan tinggi. Besar kemungkinan setelan roda pasti berubah.

“Ujung-ujungnya spooring atau balancing juga bisa menghindari terjadinya kerusakan pada komponen kaki-kaki lainnya,” ucap Deni.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/21/090200515/kenapa-spooring-dan-balancing-pada-mobil-perlu-rutin-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke