Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bocoran Harga Esemka Bima yang Meluncur Hari Ini, Cuma Rp 100 Jutaan

BOYOLALI, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, menyambut baik peluncuran produk dan pabrik PT Solo Maufaktur Kreasi sebagai produsen mobil Esemka, di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Menurut Airlangga, Esemka memiliki peluang yang cukup baik untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia, termasuk dalam persaingan di segmen kendaraan niaga ringan.

"Peluang pasti ada, jadi untuk semua mobil yang harga jualnya di bawah Rp 200 juta di Indonesia itu peluangnya sangat baik," kata Airlangga kepada beberapa wartawan sebelum peluncuran Esemka di Boyolali, Jumat (6/9/2019).

Airlangga mengatakan harga mobil di bawah Rp 200 juta merupakan sarana untuk mengakomodir migrasi dari kendaraan roda dua ke mobil.

Meski konteksnya bukan mobil penumpang melainkan mobil niaga, Airlangga optimis Esemka akan berkembang.

Harga Esemka

Seperti diketahui, beberpaa waktu lalu Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya, telah memastikan bila harga Esemka Bima 1.2 dan 1.3 tidak akan lebih dari Rp 150 juta.

Kabar ini pun dibenarkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang datang dalam seremoni peluncuran. Bahkan Budi menyebutkan angka bila harga Esemkan akan sangat terjangkau.

"Untuk mobil yang akan aktif di pedesaan Esemka sangat punya peluang, apalagi yang saya dengar harganya itu di bawah Rp 150 juta, sekitar Rp 110 jutaan kalau tidak salah," ujar Budi.

"Saya ucapkan selamat untuk Esemka, semoga bisa mengembangkan banyak lagi produk lokal dalam negeri," kata dia.

Presiden RI Joko Widodo dikabarkan akan melakukan persemian pembukaan pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah ini.

Seperti dijelaskan Airlangga, pabrik Esemka menjadi pabrik mobil pertama yang berada di Jawa Tengah. Diharapkan, pabrik Esemka ini mampu menyerap tenaga kerja lokal, serta komponen dalam negeri.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/06/092248515/bocoran-harga-esemka-bima-yang-meluncur-hari-ini-cuma-rp-100-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke