Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Vespa PTS 100, Smallframe Bukan untuk Pemula

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi kembali menghadirkan foto sepeda motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni ini hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif.Kompas.com.

Kali ini, pada pekan ke-13 awak redaksi menghadirkan goresan sketsa motor ikonik yaitu Vespa PTS 100. Skuter dari keluarga smallframe yang populer karena mempunyai desain serba kompak.

Popularitas PTS 100 makin meroket beberapa tahun ke belakang didasari populasi model ini yang tak terlalu banyak. Berawal dari peluncurannya dulu kala yang memang lebih menyasar untuk perempuan.

Kini PTS 100 banyak dicari oleh pehobi hingga pemula yang baru terjun ke dunia Vespa. Meski begitu bukannya tanpa risiko, PTS dikenal sebagai salah satu model Vespa yang butuh perhatian ekstra.

Iman, pemilik Vespa PTS yang kini ''main racing'' mengatakan PTS 100 bukan motor untuk pemula. Banyak persoalan jika motor ingin dipakai harian, mulai dari kopling, pengapian hingga transmisi.

"Kopling sudah pasti kalau belum biasa. Kedua pengapian, biasanya mau enak ganti platina ke CDI tapi cari yang tegangannya AC. Terus giginya cuma 3. Buat tahun 80-an mungkin kecepatan 60 kpj masih pas, tapi kalau sekarang. Sudah ganti kopling pengapian juga rasanya ya masih motor tua, giginya 3," kata Iman.

Tapi hal tersebut yang membuat popularitas PTS 100 justru meroket. Dengan populasinya tak terlalu banyak, mahal, dan desainnya yang kompak membuat pengendara jadi "ganteng" di jalan.

"Main PTS itu mahal. Tapi itu kelebihannya. Tidak semua mau ataupun bisa. Kalaupun mau siapa yang mau jual. Kalaupun ada yang jual harganya mahal. Mahalnya apa saja, ya semuanya. Motornya, mesinnya, sparepart-nya juga mahal," katanya.

Vespa PTS 100 pertama kali dibawa PT Dan Motors Indonesia. Awalnya distributor Vespa itu meluncurkan Vespa PTS 90 pada tahun 1976 untuk menghadang merek-merek Jepang yang makin merajai khasanah motor nasional.

Vespa PTS 90 dibekali mesin 2 langkah berkapasitas 90 cc, kemudian pada tahun 1978 baru merilis varian PTS dengan mesin 100 cc sebagai alternatif bagi para penggemar motor Vespa di Tanah Air.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/19/084200615/vespa-pts-100-smallframe-bukan-untuk-pemula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke