Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Ruas Jalan Jakarta yang Cocok Jadi Sirkuit Formula E

JAKARTA, KOMPAS.com - Formula E akan hadir di Ibukota Jakarta 2020 mendatang. Ini diketahui dari unggahan di media sosial Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di akun Instagram miliknya.

Hal yang menjadi pertanyaan adalah dimanakah balap mobil listrik ini akan diselenggarakan? Formula E dikenal sebagai pionir balap mobil listrik yang menjadikan jalanan perkotaan sebagai tempat balapan mereka.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sadikin Aksa menjelaskan, pembuatan sirkuit ini yang harus dipersiapkan oleh pemerintah kota dan penyelenggara. Sadikin menyebut beberapa ruas yang kemungkinan bisa menjadi sirkuit balap.

“Setahu saya itu Jalan Medan Merdeka dan Jalan M.H Thamrin. Secara lebar memungkingkan,” ucap Sadikin yang dihubungi Minggu (14/7/2019).

Menurut Sadikin, setelah persiapan soal rute, masih ada syarat-syarat lainnya seperti teknis dan keselamatan yang harus memenuhi standar FIA. Desain sirkuit ini nanti setelah dipersiapkan akan didiskusikan dengan IMI dan FIA beserta Formula E dan pemerintah kota.

Sebenarnya masih ada beberapa sirkuit perkotaan seperti di BSD City, Tangerang. Namun Formula E selalu menggunakan jalanan Ibu Kota negara di tiap seri penyelenggaraannya.

“Terpenting rencana ini sudah dikunci penyelenggaraannya terlebih dulu. Formula E ini bisa jadi promosi buat Indonesia karena disiarkan secara live ke seluruh dunia. Kami sebagai federasi siap mendukung dan mendampingi pemerintah kota untuk persiapnnya nanti,” ucap Sadikin.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/15/112400515/ini-ruas-jalan-jakarta-yang-cocok-jadi-sirkuit-formula-e

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke