Salin Artikel

Penjelasan Polisi Soal Tidak Bawa SIM Bisa Ditilang

JAKARTA, KOMPAS.com - Video lagi viral di media sosial, yaitu dari akun instagram @rumahpancasila_klinikhukum atas nama Yosep Parera, mencoba menjelaskan bahwa polisi lalu lintas tidak bisa melakukan tilang kepada pengendara yang lupa membawa surat izin mengemudi (SIM).

Menurut Yosep, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), secara tegas mengatakan terhadap orang yang tidak memiliki, dalam hal ini ditegaskan bukan kepada orang yang tidak membawa.

Kata dia, apabila pengendara itu ditilang, maka minta izin kepada polantas tersebut untuk mengambil SIM yang tertinggal di rumah.

Menanggapi hal itu, menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKPB Budiyanto setiap pengemudi pada saat akan mengemudikan kendaraan harus melengkapi identitas kendaraan seperti STNK dan SIM.

"Tidak memiliki dan membawa SIM merupakan pelanggaran lalu lintas," kata Budiyanto kepada Kompas.com akhir pekan lalu.

Selain itu, kata Budiyanto, sesuai Pasal 288 ayat (2) setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan tidak menunjukan SIM sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (5) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

"Jadi melanggar Pasal 288 ayat 2, dan kalau belum punya SIM Pasal 281," ucap Budiyanto.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/09/17/124257015/penjelasan-polisi-soal-tidak-bawa-sim-bisa-ditilang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.