Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mandatori B20 Keluar, Pertamina Sidak SPBU di Jakarta

"Ujung tombak kesuksesan implementasi B20 salah satunya ada di SPBU, sehingga kami perlu dukung pengusaha SPBU agar dapat memaksimalkan pemasaran B20. Tapi pada prinsipnya outlet SPBU sudah siap untuk memasarkan B20," kata Nicke dalam siaran resminya, Senin (3/9/2018).

Menurut Nicke, penerapan B20 non public service obligation (PSO) di Jakarta merupakan wilayah yang potensial karena sampai saat ini terdapat 216 SPBU yang menjual produk Diesel. Sedangkan dengan adanya kebijakan baru ini, Pertamina akan siap menjual B20 di 174 SPUB yang tersebar di Jakarta.

Nicke menjelaskan bila penjualan B20 di Jakarta akan dipasok dari Terminal BBM Jakarta Group. Hingga saat ini, terminal tersebut sudah mampu menyediakan 80,1 ribu kiloliter (KL) B20.

VP Corporate Communicatioan Adiatma Sardjito, menjelaskan pada dasarnya penyebaran Biodiesel sendiri di SPBU pertamina yang ada di Jakarta sudah cukup banyak dan telah dilakukan jauh-jauh hari. Namun dengan adanya kebijakan ini, maka hanya tinggal meningkatkan saja kadar fatty acid methyl ester (FAME) dari 10 dan 15, menjadi 20.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, secara resmi meluncurkan perluasan mandatori B20 yang kini bisa digunakan oleh kendaraan non PSO. Dengan adayan regulasi yang efektif mulai diterapkan pada 1 September 2018 ini, otomatis tidak akan ada lagi peredaran solar murni tanpa pencampuran Biodiesel.

"Apabila Badan Usaha BBM tidak melakukan pencampuran, dan Badan Usaha BBN tidak dapat memberikan suplai FAME ke BU BBM akan dikenakan denda yang cukup berat, yaitu Rp. 6.000 per liter. Produk B0 nantinya hanya untuk Pertadex atau Diesel premium," ucap Darmin dalam peluncurannya.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/09/04/150200815/mandatori-b20-keluar-pertamina-sidak-spbu-di-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke