Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Neno Warisman Terbakar, Mungkinkah karena Aki?

JAKARTA, KOMPAS.com — Mobil Daihatsu Xenia milik Neno Warisman dilaporkan terbakar saat terparkir di depan rumahnya di Cimanggis, Depok, pada Rabu (18/7/2018). Dari hasil pemeriksaan polisi, kebakaran yang menghanguskan bagian mesin itu bermula dari aki yang korslet.

Department Head Dealer Techical Support Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menyebut, dalam kondisi normal, aki mobil tidak bisa korslet dalam kondisi mesin mati. Namun, kondisi seperti pada kasus mobil Neno bisa saja terjadi bila ada pemasangan aksesori dan perangkat tambahan yang terkait langsung dengan pemakaian aki.

"Kita tidak tahu pemasangan atau penambahan aksesori itu bagaimana. Apakah asal sambung atau bagaimana," kata Didi kepada Kompas.com, Senin (23/7/2018).

Didi belum bersedia menjelaskan lebih lanjut. Sebab, ia menyebut banyak faktor yang perlu diinvestigasi lebih lanjut. Investigasinya pun disebut Didi tidak mudah.

Sementara itu, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi menyebut, korsleting aki memang bisa terjadi jika pemasangannya tidak benar. Sebab dalam kondisi mesin mati, aliran listrik dari aki tidak sepenuhnya terputus.

Atas dasar itu, saat pemasangan aki, Anjar menyarankan pemilik mobil untuk benar-benar memastikan kabel terpasang dengan sempurna. Selain itu, bila ingin memasang aksesori tambahan, percayakan pemasangannya ke bengkel resmi atau bengkel umum yang sudah teruji kualitasnya.

"Hindari menyambung kabel karena bisa memicu korsleting. Sebaiknya gunakan soket sambungan yang aman," kata Anjar.

Belum ada keterangan lebih lanjut dari Neno terkait peristiwa yang dialaminya ini. Ia juga tak ingin berspekulasi. Lagipula, Neno menyebut mobilnya itu kini sudah diperbaiki di bengkel.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/07/23/134100915/mobil-neno-warisman-terbakar-mungkinkah-karena-aki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke