Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Indonesia Siapkan Konsep Baru Pertama di Dunia

Kompas.com - 05/07/2017, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain produk baru, daya tarik merek-merek mobil yang mejeng di pameran otomotif juga lantaran hadirnya mobil konsep. Pasalnya, bukan tidak mungkin, model tersebut bakal jadi cikal bakal jadi model anyar dan dijual di dalam negeri.

Itu juga yang akan dilakukan Daihatsu Indonesia, pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2017. Tidak hanya satu, Daihatsu akan memboyong dua Concept Car dari  Jepang.

Namun, saat berbincang dengan KompasOtomotif, perwakilan Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, yang menjabat Direktur Pemasaran, belum mau berkata lebih detail soal model-model konsep tersebut. Ini tenut bakal menggiring rasa penasaran.

“Jenisnya berbeda, lihat seperti apanya nanti di GIIAS saja. Pastinya akan ada dua world premiere di sana. Bahkan di Tokyo Motor Show Jepang saja dipajang setelahnya. Di Indonesia, Daihatsu banyak world premiere,” ujar Amelia, Selasa (4/7/2017).

Indianautosblog Konsep mobil kecil Daihatsu.

Riset Pasar

Tidak hanya memajang, Daihatsu Indonesia juga melakukan survey pasar soal produk konsep tersebut. Jika memang respons pasar bagus, mereka akan menghadirkan versi produksinya. Baru kemudian berlanjut ke produksi massal.

“Kalau memang bagus kami lalu ke mass product. Intinya lihat dahulu responsnya bagaimana. Sementara kalau jelek, kami buat ulang lagi,” ucap Amelia.

Tahun lalu, ADM pernah membawa tiga konsep Kei Car (mobil kecil) yang unik dan atraktif. Mereka adalah konsep Tempo, Hinata, dan Cast Activa Offroad.

Kisah sukses mobil konsep Daihatsu itu sudah terwujud pada mobil-mobil yang dipasarkan di sini, salah satunya si kembar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, yang merupakan cikal-bakal dari konsep UFC I dan II, karya desainer lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com