Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Sepeda Motor Mendominasi Kecelakaan

Kompas.com - 24/06/2017, 07:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Jelang H-3 (Kamis-22/6/2017) sebelum hari raya, angka kecelakaan lalu lintas sudah mulai terlihat pertumbuhannya. Mengintip data Sistem Manajemen Keselamatan Jalan Terpadu (Integrated Road Safety Management System/IRSMS) NTMC Polri, dominasi paling tinggi masih didominasi sepeda motor.

Baca : H-3 Jelang Lebaran, Angka Kecelakaan Mulai Bermunculan

Pada H-3 sebelum Lebaran tercatat 110 kecelakaan lalu lintas yang menlibatkan sepeda motor, angka ini diklaim menurun delapan persen bila dibandingkan pada periode yang sama di 2016. Sedangkan posisi kedua ditempati mobil pribadi dengan jumlah 28 kejadian dan turun 14 persen dari data di 2016 dengan angka 37 kejadian di H-3.

Menariknya, dari sisi kendaraan minibus terjadi kenaikan di tahun ini sebesar 13 persen dengan jumlah tujuh kejadian hingga H-3 sebelum Lebaran.

NTMC Data Laka Lantas H-3 Lebaran

Untuk jenis kecelakaan terbesar yang menimpa selama H-3 untuk tahun 2017 didominasi akibat kelalaian saat merkendara, 15 kejadian terjadi akibat gagal menjaga jarak aman dan 15 insiden lainnya akibat minimnya kewaspadaan akan lalu lintas dari depan.

Meski bila dibandingkan dengan data pada 2016, secara persentase turun hingga 27 persen, tapi dari sisi pelanggaran lalu lintas meningkat naik 29 persen. Penyumbang kecelakaan lalu lintas terbesar hingga H-3 2017 disebabkan pelanggaran melampaui batas kecepatan dengan total sembilan kejadian.

Data Laka Lantas H-3 Lebaran

Untuk pelanggaran berupa mengabaikan aturan lajur juga diklaim data IRSMS mengalami pertumbuhan 50 persen. Pada 2016 tercatat lima kecelakaan akibat mengabaikan lajur, dan tahun ini menjadi sembilan kejadian.

Dari keseluruhan data tersebut, untuk tempat kejadian perkara paling sering terjadi di ruas jalan arteri seperti di kota atau kabupaten dengan peningkatan dari 2016 ke 2017 sebesar delapan persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com