Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Baru dan Keamanan Jadi Fokus Mudik 2017

Kompas.com - 02/06/2017, 07:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Jelang mudik 2017, beberapa instansi sudah mulai sibuk mengatur strategi mengatasi peningkatan volume kendaraan, termasuk dari kepolisian dan Kementerian Perhubungan (Kemnhub). Fokus utama untuk saat ini adalah pada puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada H-2 sebelum Hari Raya.

Baik pihak perhubungan dan kepolisian mengaku sudah banyak melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari. Terutama mengenai masalah angkutan umum, rekayasa lalu lintas, serta kesiapan infrastruktur.

Baca : Wacana Nopol Ganjil Genap untuk Mudik 2017 Batal

"Kita sudah kordinasi dengan pihak-pihak terkait mengenai kesiapan musim mudik dan arus balik tahun ini. Antisipasi dan rekayasa lalu lintas sudah kita rancang. Dari pihak kepolisian kurang lebih ada 16.200 personel yang akan kita turunkan," ucap Kepala Bidang Manajemen Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Korlantas Polri Kombes Pol Darto Juhartono, di Universitas Pertamina Simprug, Jakarta Selatan, Rabu (31/5/2017).

Dari sisi lalu lintas, berkaca dari kejadian tahun lalu fokus utama akan berada pada pengaturan di pintu keluar tol Brebes Timur. Menurut Darto, beberapa skenario sudah ditetapkan, termasuk mengaktifkan tol baru, yakni Brebes Timur menuju Semarang.

KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMO Sistem buka tutup untuk mengatasi kemacetan kendaraan di pintu keluar tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Jumat (01/07/2016). Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-3 lebaran.

Selain fokus pada masalah pengaturan lalu lintas, pihak kepolisian bersama dengan TNI juga akan lebih gencar menjaga situasi keamanan pasca ledakan bom di Kampung Melayu beberapa waktu lalu. Pihaknya akan melakukan pengamanan di beberapa titik potensial.

"Dari info terakhir, tol sudah bisa difungsikan secara situasional. Jadi baru bisa dilewati oleh mobil kecil, tapi itu hanya sampai Grinsing karena sisanya belum selesai. Konsentrasi terorisme juga kita fokuskan termasuk kriminalitas," papar Darto.

Baca : Strategi Pertamina Cegah Kelangkaan BBM di Jalur Mudik

Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pandu Yunianto, juga membenarkan bahwa tol Brebes Timur menuju Semarang sudah siap untuk dilalui sejak H-10 sebelum Lebaran.

KOMPAS.com / DANI PRABOWO Jalan layang Dermoleng yang berada di wilayah Ketangungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

"Sarana istirahat sedang kita kejar, kita kordinasi juga dengan pihak Pertamina untuk menyediakan semacam cek point pengisian bahan bakar. Fasilitas tol memang belum lengkap karena belum selesai, tapi kami minta paling tidak marka jalan sudah bisa terpasang untuk keselamatan. Jalur Selatan sementara ini memang sedang dikejar pembangunan fly over dibeberapa titik, tapi tidak akan semuanya bisa selesai," ujar Pandu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com