Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CR-V Turbo Sudah “Value for Money”

Kompas.com - 10/05/2017, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Honda Prospect Motor (HPM) gebrak pasar segmen sport utility vehicle (SUV) Indonesia dengan CR-V baru bermesin 1.5L Turbo dan mampu menampung 7-penumpang. Merek Jepang satu ini memang piawai memberi kejutan (positif) untuk konsumen dalam negeri.

Walaupun ukuran mesinnya lebih kecil dari yang sebelumnya 2.4L, tapi harganya bukan menjadi lebih murah tapi makin mahal. Namun, jangan hanya menilai dari harganya saja, tapi coba lihat lebih dalam, soal fitur dan teknologi yang dimilikinya, serta beberapa keuntungan lain.

“Harga relatif, tapi jika dilihat ini value for money, termasuk fitur dan running cost untuk layanan purna jualnya. Untuk varian Prestige antara 2.4L dan 1.5L turbo harganya hanya beda Rp 6 juta, padahal sudah turbo, model baru, dan banyak fitur,” ujar Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Purna Jual HPM kepada KompasOtomotif, Selasa (9/5/2017).

Jika melihat Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013, dengan ukuran mesin 1.500cc, Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dikenakan 10 persen, jika dibanding dengan di atasnya (1.500-2.500cc) sebesar 20 persen. Secara nalar, seharusnya memang lebih murah dibanding model lama, tapi HPM mengalihkan pembebasan 10 persen pajaknya, demi menawarkan edukasi baru ke konsumen, dengan menaikkan level teknologi dan fitur canggih.

“Karena ada benefit pajak barang mewah, maka dari itu konsumen kali ini berutung mendapat mobil dengan fitur dan teknologi baru, dengan hanya tambahan harga yang tidak terlalu tinggi. Di Thailand sendiri, selisih non-turbo dgn turbo bisa sampai Rp 60 juta,” ujar Jonfis.

Untuk varian standar, antara 1.5L turbo (Rp 466 juta) dan 2.4L (Rp 452,5 juta) ada selisih harga 13,5 juta, sementara untuk kelas Prestige, CR-V 1.5L Turbo (Rp 506 juta) dan 2.4L (Rp 501 juta) perbedaan harganya Rp 5 juta.

CR-V generasi kelima ini merupakan produk kedua Honda yang mengadopsi teknologi turbo di bawah kap mesinnya. Mesin 1.5L turbo ini menggantikan 2.4L, meski ukuran mesin lebih kecil tapi tenaga yang dihasilkan bisa dikatakan lebih besar, terutama pada putaran bawah yang sudah bisa dicapai pada 2.000-5.000 rpm.

Baca juga : Ini Daftar Fitur Pada All-New Honda CR-V

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com