Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maling Gasak Komponen Jaguar-Land Rover Senilai Rp 63 M

Kompas.com - 06/02/2017, 15:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber inautonews

Solihull, KompasOtomotif – Mirip dengan film, tapi ini terjadi di dunia nyata. Minggu lalu, segerombolan pencuri mengendarai truk menuju pabrik Jaguar-Land Rover (JLR) di Solihull, Inggris. Mereka pulang mengendarai truk trailer penuh dengan mesin. Belum cukup, mereka balik dua jam setelahnya dan melakukan hal yang sama.

Berdasarkan laporan dari Birmingham Mail, dikutip dari Inautonews (6/4/2017), para penjahat itu tampak sangat gampang masuk ke fasilitas pabrik, lalu keluar dengan trailer penuh mesin. Secara total pada aksi pertama, hanya butuh waktu enam menit!

Kejadian itu dilaporkan sangat cepat dan mulus. Para maling itu punya dokumen-dokumen kerja yang sah. Jadi, semua aksi mereka yang terekam di CCTV tak membuat petugas keamanan menaruh curiga dan menaikkan alis.

Singkat kata, akhirnya perusahaan menyatakan kecurian dua kontainer yang penuh dengan mesin. Total nilainya diperkirakan mencapai 3,75 miliar poundsterling, setara Rp 62 miliar. Truk trailer akhirnya ditemukan, namun ratusan mesin di dalamnya lenyap.

Meski JLR punya pabrik mesin di Wolverhampton, namun perusahaan merakit semua item menjadi satu kesatuan di Solihul, Selatan Birmingham. Mereka menginstal mesin di sana termasuk model Range Rover, Range Rover Sport, Land Rover Discovery, Jaguar F-Pace, sampai Jaguar XE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com