Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup Rp 25.000 Sebulan, Motor Jadi Anti-maling

Kompas.com - 03/03/2016, 16:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Telkomsel meluncurkan layanan M2M (machine to machine) terbaru berupa aplikasi otomotif, bernama T-Bike. Perangkat tersebut bisa memonitor, memandu dan mengendalikan sepeda motor dari ponsel pintar (smartphone).

Vice Presiden M2M Business Telkomsel Jaka Susanta mengatakan, belakangan ini pencurian sepeda motor semakin mengkhawatirkan. Melihat kenyataan itu, Telkomsel meluncurkan aplikasi T-Bike sebagai asisten pengendara cerdas.

“Fitur ini bisa mengendalikan akses mesin sepeda motor dari aplikasi di ponsel pintar berbasis Android dan iOS. Juga didukung sistem GPS canggih. Jadi kalau motor dicuri, bisa mesinnya bisa dimatikan melalui ponsel tanpa ada batasan jarak asal ada sinyal,” ujar Jaka di Emperica, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (3/3/2016).

Di tempat yang sama Alfian Manulang GM M2M Product Development Telkomsel, menambahkan, biker yang membeli produk tersebut sudah mendapatkan pulsa berlangganan selama satu tahun dan garansi.

“Jadi harganya di bawah Rp 1 juta. Harga itu sudah termasuk instalasi dan pulsa selama satu tahun,” kata Alfian saat berbincang dengan KompasOtomotif.

Setelah gratis satu tahun, di bulan selanjutnya konsumen hanya cukup membeli pulsa Rp 25.000 untuk paket basic atau tambah Rp 10.000 pada paket advance setiap bulannya.

“Jadi pulsanya itu dibeli di tempat biasa juga bisa, murahlah untuk ukuran menjaga sepeda motor. Kalau paket yang advance itu lebih komplit fitur-fiturnya,” ujar Alfian.

Keuntungan

Selain memiliki fitur lengkap, keuntungan lain menggunakan T-Bike ini, lanjut Alfian, bisa memonitor keberadaan dan juga membatasi kecepatan sepeda motor. Sehingga, khusus buat orang tua dapat memantau keberadaan anak.

“Tetapi untuk membatasi kecepatan hanya ada notifikasinya saja, mesin tidak mati. Jadi jika motor itu melaju di atas batas kecepatan yang sudah ditentukan, akan ada notifikasi. Selain itu, kita bisa memantau motor itu sedang ada dimana,” kata Alfian.

Fitur-fitur di T-Bike, menurut Alfian sangat memantu dan mendampingi pengguna sepeda motor dalam berkendara, sehingga memberikan rasa aman, terutama dari hal pencurian motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com