Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daya Saing Otomotif Indonesia di ASEAN

Kompas.com - 27/01/2017, 07:24 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain Indonesia, kekuatan pasar otomotif di wilayah Asia Tenggara juga ditopang oleh beberapa Negara lain, seperti Thailand, Malaysia, dan Filipina yang mulai merangkak naik. Dari empat pasar terbesar tersebut, lantas bagaimana posisi Indonesia?

Kukuh Kumara, Sekertaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bemotor Indonesia (Gaikindo) coba memaparkan situasi terkakhir dari empat negara tersebut, termasuk Indonesia. Dirinya menjelaskan beberapa faktor yang bisa menjadi parameter kompetisi, buka hanya dari industri otomotif itu sendiri, tetapi juga dari faktor pendukungnya.

“Mari lihat kondisi daya saing kita terhadap negara ASEAN lain, kami coba benchmark Indonesia dengan Thailand, Malaysia, dan Filipina. Secara produksi kita masih tertinggal dari Thailand yang sudah mencapai 2,4 juta unit per tahun atau ada di urutan 12 dunia, sementara kita baru sekitar 1,2 juta di peringkat 17,” ujar Kukuh, Rabu (25/1/2017).

Meski begitu, lanjut Kukuh, dari penjualan otomotif terutama domestik, Indonesia berhasil unggul dengan ada di posisi ke-17, sementara Thailand 20 dunia. Diikuti Malaysia urutan ke-21 dan Filipina di peringkat 32.

“Indonesia masuk kategori one million club, atau negara dengan penjualan mobil sampai 1 juta unit pertahun. Indonesia di sini ada di posisi teratas di ASEAN,” ucap Kukuh.

Kukuh menambahkan, yang menjadi perhatian dari Gaikindo adalah terkait dengan car density, di mana rasio kendaraan per 1.000 orang di Indonesia masih terbilang kecil. Paling besar di ASEAN adalah Malaysia dengan rasio 405 mobil per 1.000 orang, kemudian Thailand 232 berbanding 1.000.

“Kita ada di urutan ketiga dengan hanya 83 mobil untuk setiap 1.000 penduduk di Indonesia. Keempat ada Filipina yang hanya 30 mobil per 1.000 orang,” ujar Kukuh.

Melihat car density yang masih rendah, berarti masih ada peluang besar untuk terus mengembangkan industri otomotif Tanah Air. Lebih dari itu, kata Kukuh, ini bisa membuat negara lain berminat untuk menandatangani pejanjian perdagangan dengan Indonesia.

Berkut lebih jelasnya peta persaingan industri otomotif ASEAN.

Gaikindo Persaingan industri otomotif ASEAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com