Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biasakan Jangan Sepelekan Persiapan Sebelum Liburan

Kompas.com - 31/12/2016, 11:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Meremehkan perjalanan di waktu-waktu liburan dengan tidak mempersiapkan kendaraan, bukan perilaku yang tepat. Pasalnya, tidak akan pernah tahu akan ada kendala apa di jalan, seperti salah satunya macet.

Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang yang juga koordinator posko siaga Toyota KM 57 Cikampek, coba mengingatkan para pemilik mobil. Walaupun di merek mobil terkadang menyediakan posko dan bengkel siaga untuk melayani perbaikan.

“Pasalnya kalau masa liburan cenderung jalanan tidak bisa diprediksi. Jadi sebaiknya sebelum perjananan liburan mobil dicel atau servis dahulu, entah itu jarak tempuhnya dekat maupun jauh karena biasanya macet,” ujar Indah kepada KompasOtomotif, Sabtu (31/12/2016).

Indah melanjutkan, kondisi yang semestinya dipastikan adalah kondisi mesin, dan oli apakah sudah sampai batas pengantian, lalu inspeksi rem dan kanvas kopling, untuk mobil dengan transmisi manual.

Ratno Yunanto, Service Dept Head PT Astra International – Daihatsu juga menyampaikan nasihat serupa. “Kami menganjurkan agar dilakukan pengecekan di bengkel terlebih dahulu, cek mesin, rem, kaki-kai, AC, lampu-lampu, untuk memastikan mobil dalam kondisi baik sebelum melakukan perjalanan jarak jauh,” ujar Ratno.

KompasOtomotif Pengunjung yang sedang beristirahat di posko siaga Toyota liburan Natal dan tahun baru KM 57 Cikampek.

Beristirahat

Indah melanjutkan, kalau memang perjalanan diperkirakan akan mencapai tiga sampai empat jam lebih, sebaiknya pengemudi melakukan istirahat. Karena ketika tubuh lelah karena terjebak macet, akan berpotensi kecelakaan.

“Jadi silahkan memanfaatkan posko Toyota paling tidak untuk mengistirahatkan mata, sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan yg lain,” ucap Indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com