Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama, Bus Tingkat Mewah Setara Pesawat Jakarta-Wonogiri

Kompas.com - 24/12/2016, 16:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Wonogiri, KompasOtomotif – Perjalanan lewat darat dari Wonogiri dan Solo kini bisa ditempuh lebih nyaman menggunakan bus tingkat baru yang diluncurkan PT Putera Mulya Sejahtera, di Terminal Giri Adipura, Wonogiri, Jawa Tengah, Kamis (22/12/2016). Bus tingkat ini diklaim yang pertama melayani rute sejauh 500 – 600 km di Pulau Jawa.

Bus tingkat tersebut menggunakan sasis tiga sumbu roda Scania K410IB/6x2*4 yang dikemas dengan karoseri mewah. Di kabin mampu menampung 38 penumpang yang dibedakan menjadi dua kelas, yaitu First Executive Class dan Elegant Class yang cuma dibedakan desain jok.

PT Putera Mulya Sejahtera Suasana First Executive Class di kabin bus tingkat PT Putera Mulya Sejahtera untuk rute Wonogiri - Jakarta.
First Executive Class merupakan kelas standar yang dilengkapi dengan monitor LCD pada setiap jok, Di ujung belakang kabin juga terdapat ruangan merokok yang bisa dipakai semua penumpang.

PT Putera Mulya Sejahtera Jok di kelas Elegant Class bus tingkat pertama antarkota antarpropinsi buatan PT Putera Mulya Sejahtera.
Khusus untuk penumpang Elegant Class, bisa menikmati tambahan fasilitas yaitu jok elektrik yang sudah memiliki saluran pengisi daya baterai ponsel. Hanya ada enam kursi elektrik, ruang penumpang Elegant Class juga dipisahkan oleh tirai selama perjalanan. Ada juga mesin pembuat kopi di kelas ini.

Kurnia Lesani Adnan, Pimpinan PT. Putera Mulya Sejahtera mengatakan, teknologi bus yang ada saat ini sangat memungkinkan merancang bus tingkat eksklusif Antarkota Antar Propinsi (AKAP). Bus ini bukan hanya canggih buat penumpang tetapi juga untuk pengemudi sebab sudah dilengkapi fitur ABS (Anti-lock Braking System), Electronic Brake System, Retarder dan Cruise Control dengan Opticruise Transmission.

Selain itu, perusahaan juga bisa memantau prilaku pengemudi di jalan via engine management. “Selain fitur keamanan dan kenyamanan yang tertanam pada sasis, kami juga tidak akan memilih pengemudi yang sembarangan. Alhamdulillah berkat teknologi yang ada perilaku setiap pengemudi bisa kami pantau,” kata Kurnia dalam siaran resminya.

Operasional bus tingkat ini dimulai pada libur Natal tahun ini. Buat yang mau jadi penumpang First Executive Class biayanya Rp 225.000 sedangkan untuk Elegant Class Rp 325.000. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com