Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stabilitas Politik Lebih Berefek pada Penjualan Mercy

Kompas.com - 26/11/2016, 09:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kebijakan tax amnesty (pengampunan pajak) yang dicetuskan pemerintah dianggap membawa angin segar bagi pebisnis dalam negeri, salah satunya di sektor otomotif premium. Walaupun efeknya tidak bisa dirasakan secara langsung dan dalam waktu dekat.

Kariyanto, Deputy Director Sales Operation MBC & Network Development Mercedes Benz Indonesia, mengatakan, tax amnesty ini pastinya akan memberikan efek positif bagi penjualan Mercy. Namun, memang tidak serta-merta kondisi penjualan langsung meningkat, ada waktunya dan mungkin terasa pada 2017.

“Akan tetapi, jika ditanya seberapa besar pengaruhnya, maka kami tidak bisa menguantifikasi-nya. Karena kenaikan penjualan merupakan hasil dari banyak faktor penunjang, tidak hanya karena faktor tax amnesty,” ujar Kariyanto kepada KompasOtomotif, Rabu (23/11/2016).

Kariyanto melanjutkan, faktor lain yang dimaksud salah satunya stabilitas politik yang ada di Indonesia. Sekecil apa pun pergolakan, maka konsumen pembeli mobil premium bisa langsung menunda transaksi.

“Tapi memang lebih berpengaruh adalah stabilitas politik, sedikit ada gangguan langsung hold semua. Seperti demo-demo yang terjadi kemarin, konsumen yang sudah ingin delivery atau lainnya, langsung menunda. Karena kondisi tersebut juga, penjualan yang bagus bisa saja tiba-tiba mandek,” ujar Kariyanto.

Kariyanto juga mengharap kalau pilkada serentak tahun depan tidak berujung ricuh. “Jika hajatan politik berjalan dengan aman dan damai, kami percaya pasar premium akan tumbuh, jika sebaliknya maka akan berpengaruh negatif,” ucap Kariyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com