Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jazz Hibrida Mendarat di Malaysia

Kompas.com - 14/11/2016, 20:05 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif - Honda Jazz Hybrid mendarat dan dipamerkan di Malaysia, Kamis (10/11/2016). Kehadirannya dianggap jadi petanda Honda Malaysia ingin menjualnya pada kemudian hari dan bukan tidak mungkin merupakan versi rakitan lokal agar selaras dengan insentif dari program pemerintah Energy Efficient Vehicle (EEV).

Penampakan unit pamer masih ditutup selubung kamuflase. Meski begitu dugaan kuat dari Paultan.org wujudnya sama seperti Jazz Hybrid versi Jepang yang sudah meluncur sejak 2013 lalu.

Paultan.org Jazz Hybrid kemungkinan diproduksi di Malaysia.
Honda Malaysia sudah pernah merakit lokal Jazz Hybrid pada 2012, versi terbaru ini lebih canggih. Menggunakan mesin 1.5L i-VTEC dengan siklus Atkinson bertenaga 110 PS dan torsi 134 Nm plus motor listrik dengan tenaga 29,5 PS dan torsi 160 Nm.

Kerja mobil didukung teknologi Sport Hybrid Intelligent Dual Clutch Drive (i-DCD) dan transmisi kopling ganda 7-percepatan plus baterai lihitium-ion.

Tidak seperti model lama yang memakai Integrated Motor Assist (IMA), sistem pada model baru ini memungkinkan motor listrik bisa digunakan sebagai sumber utama tenaga dan membantu mesin bensin berakselerasi. Sistem baru memilih secara otomatis antara mode berkendara, murni listrik, hibrida, dan mesin, tergantung kondisi pengoperasian.

Ketimbang Jazz standar, varian hibrida ini tidak jauh beda dari sisi eksterior, hanya saja lebih berat. Menariknya, dikatakan pada label peringatan didapati bertuliskan bahasa Thailand dan Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com