Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wejangan Jusuf Kalla untuk Toyota

Kompas.com - 30/10/2016, 07:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomania — Perjalanan panjang Toyota di Indonesia selama 45 tahun dibuktikan dengan rangkaian prestasinya. Selain dalam penjualan, Toyota turut berkontribusi besar bagi Tanah Air, mulai dari memberikan pilihan produk yang dibutuhkan masyarakat, sampai ikut menggerakkan roda perekonomian negara.

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla mengatakan, Toyota di Indonesia berkembang melalui transisi yang teratur, mulai dari mobil semi-knocked down (SKD), lalu completely knocked down (CKD), sampai akhirnya menjadi manufaktur yang besar.

"Butuh komitmen panjang, tetapi hal ini dibuktikan dengan kemajuan yang pasti hingga saat ini," ucap Wapres dalam pidatonya di seremoni acara perayaan 45 Tahun Toyota, Sabtu (29/10/2016).

Meski demikian, Wapres berpesan agar Toyota Indonesia tidak berhenti sampai di situ. Ia berharap komitmen dan kemajuan yang sudah dicapai Toyota selama ini akan terus berkelanjutan untuk mendorong sektor industri otomotif.

"Indonesia negara yang besar, penduduknya juga besar. Ekonomi kita bisa maju bila berjalan bersama dengan industri. Dari kerja sama itu, ekonomi nasional bisa bergerak sehingga mendorong daya beli masyarakat. Industri itu juga penting, bukan hanya pemerintah," ujar Wapres.

Febri Ardani/KompasOtomotif Jalur produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indoneisa (TMMIN) di Karawang I, Senin (16/11/2015).
Selebihnya, ia juga berkomitmen untuk meningkatkan sarana infrastruktur guna mendukung sektor industri. Salah satunya dengan rencana membangun pelabuhan besar di Karawang, Jawa Barat.

"Industri Jepang cukup banyak di Karawang. Kami akan membangun pelabuhan yang lebih besar di sana untuk mempermudah jalur logistik dan ekspor sehingga nanti akan memudahkan industri, baik dari daerah Jawa Barat maupun Jawa Tengah," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com