Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Otomotif China Terus Menanjak

Kompas.com - 13/09/2016, 18:21 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif – Penjualan mobil baru di China mengalami pertumbuhan signifikan, naik 24 persen pada Agustus 2016. Peningkatan ini didorong oleh keringanan pajak yang dilakukan oleh pemerintah.

Melihat data yang dihimpun China Association of Automobile Manufacturers (CAAM), penjualan Agustus mencapai 2,07 juta unit. Belanja konsumen mengalami peningkatan walaupun industri baja dan konstruksi sedang tidak bersemangat.

Penjualan kendaraan penumpang naik 26,3 persen menjadi 1,79 juta unit, termasuk model sport dan kendaraan ramah lingkungan yang memenuhi syarat menerima keringanan pajak. Sementara kendaraan komersial termasuk truk, tetap naik 12 persen dari bulan lalu menjadi 276.000 unit, walaupun sempat terjebak di tengah perekonomian yang lesu.

Kemudian, penjualan kumulatif sepanjang 2016 mencapai 16.750.000 unit, naik 11,4 persen dibanding 2015 lalu. Total pencapaian ini termasuk unit mobil yang akan diekspor, menurut Nikkei, Selasa (13/9/2016).

Di China, General Motors mengalami kenaikan sampai 18 persen di bulan Agustus 2016, sementara Nissan Motor menanjak 17 persen, lalu Ford Motor tumbuh 22 persen. Dari merek Jepang, ada Honda yang melonjak 36 persen, sementara Toyota naik tipis 2 persen.

Saat China mengalami peningkatan, pasar otomotif terbesar di dunia lainnya, seperti Amerika, mengalami penurunan 4,2 persen. Di mana tiga merek dengan penjualan terbesar, General Motors, Ford Motor dan Toyota Motor Corp mengalami penurunan setidaknya anjlok di angka 5 persen, seperti dilaporkan Reuters, Kamis (1/9/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com