Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Jiplakan” Kawasaki ER-6n dari Taiwan

Kompas.com - 23/08/2016, 18:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Taiwan, KompasOtomotif – Produsen sepeda motor asal Taiwan, Kymco, mengajukan paten desain sepeda motor yang sangat mirip Kawasaki ER-6n. Paten desain itu terkuak dari file European Union Intellectual Property Office, menunjukkan bahwa milik Kymco seperti menjiplak Kawasaki.

Dari detail gambar, beberapa bagian yang mirip dengan ”sepupu” Kawasaki Ninja 650 itu adalah mesin, lengan ayun, lay out sokbreker belakang yang menggantung. Namun, desain dari Kymco itu punya rangka dan pengerjaan bodi yang berbeda.

Tapi tunggu dulu, sebelum Anda mengepalkan tangan geram, penting untuk mengingat ke belakang bahwa Kawasaki dan Kymco sudah punya sejarah kerjasama yang cukup panjang.

motorcycle Ternyata Kymco dan Kawasaki ada sejarah kerjasama yang cukup panjang.
Kymco membangun Kawasaki Brute Force 300 dan model ATV. Sementara skuter Kawasaki J300 dan J125 juga sebenarnya adalah menggunakan desain dari Kymco.

Paten desain baru yang terkuak ini agaknya menjadi bagian dari lanjutan kerjasama. Kymco mengadaptasi platform ER-6n dan Ninja 650 untuk memproduksi sepeda motor telanjang sendiri.

Meski serupa, tapi tetap ada perbedaan. Rangka Kymco model trellis, sementara Kawasaki menggunakan twin-tube. Ada suspensi upside down juga pada model Kymco. Finishing bodi tampak lebih mengotak, dan ada kemiripan juga dengan Kawasaki Z1000.

Kymco untuk saat ini memang lebih kuat di segmen 250 cc dan skuter. Model sport 650 cc akan memperkuat kehadiran mereka di belahan bumi bagian Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com