Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda: Konsumen Mobil Sedinamis Pengguna Ponsel

Kompas.com - 16/08/2016, 16:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Konsumen mobil layaknya pengguna handphone, selalu dinamis dan bahkan cenderung individualistis. Artinya, tren saat ini mengarah kepada kesukaan orang terhadap pilihan mobil dengan tipe dan jenis yang semakin banyak demi personalisasi dalam mobil pribadi.

Honda menangkap ini sebagai peluang besar. Salah satunya dengan memberi banyak pilihan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Merek Jepang yang sedang naik daun ini menawarkan berbagai model dengan edisi spesial yang dianggap bakal memberi pilihan leluasa.

”Sekarang konsumen (mobil) masuk ke segmen lifestyle. Sama seperti handphone dengan casing yang beda-beda serta banyak tawaran tipe. Mereka juga lebih dinamis, tidak bisa dikotak-kotakkan dengan satu atau dua model,” kata Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanana Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM), (11/8/2016).

Jonfis dan HPM meyakini bahwa mobil-mobil edisi spesial sangat penting dipakai untuk menarik pembeli yang kadang cepat bosan. Orang cenderung ingin tampil beda di lingkaran hidup mereka sehari-hari, meski perbedaan itu tidak signifikan.

”Beda dengan konsumen mobil murah (LCGC), meski sebenarnya segmen ini juga harus cepat di-refresh juga agar orang tak bosan. ’Wah, teman saya punya ini, saya ingin yang beda dikit’,” ucap Jonfis memberi perumpaan.

Dia menegkaskan bahwa saat konsumen bukanlah tipe tukang protes. Baru sebulan beli mobil, lalu bulan berikutnya muncul model baru, bukan menjadi hal yang mengganjal.

”Kita tak boleh terpaku dengan pola pikir lama seperti itu. Kita lihat TV, gadget, sekeliling kita bergeraknya juga cepat. Tandanya orang sudah menganggap wajar hal ini,” ujar Jonfis.

Honda di ajang GIIAS 2016 menawarkan empat model special edition, dimulai dari HR-V dengan audio lebih dahsyat, Jazz, Brio, sampai Mobilio. Semua model edisi spesial ini dijual sedikit lebih mahal dibanding model standar, khusus buat orang yang ingin tampil beda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com