Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Indonesia Butuh Model Baru

Kompas.com - 12/08/2016, 14:41 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Tahun ini pasar mobil di dalam negeri diperkirakan banyak kalangan masih lesu. Pantauannya sudah bisa terlihat dari berbagai merek yang mengalami penurunan penjualan, salah satu yang terbesar adalah Mazda.

Dari data yang diberikan Mazda Motor Indonesia (MMI), penjualan selama tujuh bulan 2016 tercatat 3.681 unit. Hasil itu 34 persen lebih rendah dibanding pencapaian pada periode yang sama tahun lalu sejumlah 5.480 unit.

Kenji Sato, Direktur Penjualan dan Marketing MMI, di Tangerang, Kamis (11/8/2016), mengatakan saat ini perusahaan berusaha mempertahankan pangsa pasar masing-masing model. MMI sekarang menawarkan model pada lima segmen berbeda yaitu hatchback Mazda2, MPV medium Biante, sedan Mazda6, SUV medium CX-5, dan MPV kecil VX-1.

“Kami akan memperkuat pangsa pasar, memperbaiki layanan konsumen, dan tentu saja kami butuh produk baru tapi saya tidak bisa membahas tentang itu,” kata Sato-san, di pembukaan stan Mazda di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016.

CX-3

SUV kecil Mazda CX-3 telah diperkenalkan di stan Mazda di GIIAS 2016. Meski begitu belum ada ucapan dari pihak MMI bahwa calon pesaing Outlander Sport dan BR-V 1.8L itu bakal dijual di dalam negeri.

Saat ditanya Sato tidak mau membahas strategi MMI buat CX-3. Namun seperti sudah kita ketahui sebelumnya, CX-3 memang akan dijual di dalam negeri hanya saja masih menunggu kesiapan produksi di pabrik Mazda di Jepang dan Thailand.

Ucapan Sato bahwa MMI butuh model baru tentu buat merangsang pertumbuhan. CX-3 bisa jadi pilihan yang tepat, karena segmen SUV kecil sedang berkembang di dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com