Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calya-Sigra Langsung Gencet Avanza-Xenia "Seken"

Kompas.com - 03/08/2016, 12:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Lahirnya duet mobil murah (LCGC) Astra Toyota Calya dan Astra Daihatsu Sigra ternyata sudah membuat pasar mobil bekas gonjang-ganjing. Para pedagang akui banyak konsumen yang menahan diri, terutama untuk membeli Avanza-Xenia bekas.

Teddy Rahmat, pengelola sejumlah gerai mobil bekas di Jakarta Timur dan Jakarta Utara, mengatakan kepada KompasOtomotif bahwa sudah sebulan ini banyak konsumen yang menahan diri, terutama yang memburu Avanza-Xenia bekas.

”Orang sudah mulai membandingkan sejak usai Lebaran. Kalau harganya beda tipis, mungkin ada sebagian yang beli mobil baru (Calya-Sigra). Paling yang bertahan (dengan Avanza-Xenia) kebanyakan pemain rental,” kata Teddy (3/8/2016), via sambungan telepon.

Teddy mengkui adanya penurunan penjualan MPV, khususnya Avanza-Xenia. Namun penurunan itu belum begitu signifikan. Dirinya masih menunggu saat Calya-Sigra punya harga jual yang pasti dan mulai dikirim ke konsumen.

Potensi Calya-Sigra menggencet Avanza-Xenia bekas juga dirasakan Sujono, pedagang mobil bekas di bilangan Ngurah Rai, Jakarta Timur. Menurunnya permintaan ini membuat dirinya harus sedikit mengurangi harga jual agar orang tetap tertarik.

”Avanza 2012-2015 harganya mirip-mirip dengan Calya-Sigra. Saya mulai menurunkan sedikti harganya, sekitar 2-3 jutaan. Tergantung kondisi. Paling penting laku dulu, nanti dilihat lagi kondisinya,” kata Sujono.

Fenomena ini sudah ditebak para pedagang mobil bekas. Sama halnya saat mobil-mobil murah muncul, pasar mobil bekas akan shock sebentar, namun lambat laun akan menemukan kembali ritmenya dan harga pasaran yang pas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com