Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Malaysia "Recall," Indonesia Bergeming

Kompas.com - 03/08/2016, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif –
Pengumuman kampanye perbaikan massal (recall) yang dilakukan Nissan Malaysia, oleh ranting usahanya Edaran Tan Chong Motor (ETCM), merupakan perintah dari prinsipal di Jepang. Lantas bagaimana dengan PT Nissan Motor Indonesia (NMI), mengingat beberapa model yang kena recall juga dipasarkan di Indonesia?

KompasOtomotif  kemudian mengkonfirmasi Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy & Product Planning NMI. Dirinya mengatakan, kalau sampai saat ini masih belum bisa memberi tanggapan terkait recall besar-besaran di Malaysia tersebut.

“Saya belum bisa memberi jawaban, tunggu saja official statement yang nantinya akan kami keluarkan,” ujar Budi kepada KompasOtomotif, Selasa (2/7/2016).

Jika melihat model-model yang kena recall di Malaysia, antara lain Navara, Grand Livina, X-Gear, X-Trail, Teana, Serena, dan NV200 (Evalia). Jadi agak sulit menjelaskan kalau model-model yang diperoleh NMI dari sumber yang sama tidak mengalami indikasi serupa dari yang terjadi di Malaysia.

Sebelumnya, Honda Prospect Motor dan Toyota Astra Motor, sudah mengumumkan recall untuk beberapa model di Indonesia terkait inflator airbag Takata. Namun, dari komentar Budi, sepertinya pengumuman recall oleh Nissan Indonesia, akan segera dilakukan. Siap-siap!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com