Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Duet Maut” Toyota-Daihatsu Jilid Empat Resmi Meluncur

Kompas.com - 02/08/2016, 12:07 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Karawang, KompasOtomotif –
Seolah merayakan sukses akuisisi penuh, 100 persen saham Daihatsu oleh Toyota di Jepang, kolaborasi kedua produsen lahir lagi di Indonesia. Duet maut jilid empat ini, adalah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, model kembar yang meluncur langsung dari pabrik milik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Surya Cipta Karawang Timur, Jawa Barat, Selasa (2/8/2016).

Kedua sosok produk berstatus mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC) ini, sebenarnya sudah bocor ke publik lewat beberapa foto colongan. Kedua merek, Toyota dan Daihatsu bahkan sudah mengirimkan unit ke jaringan pemasar di Jabodetabek, mulai Juli 2016. Kedua model, Calya dan Sigra dipercaya bakal jadi bom baru bagi kedua merek dalam persaingan pasar mobil nasional.  

"Kolaborasi kedua di produk LCGC ini diharapkan untuk mendorong industri semakin bertumbuh. Diharapkan juga produk Calya dan Sigra ini memiliki kandungan lokal menjadi 100 persen buatan dalam negeri," ucap Menteri Perindustrian Airlangga Hartato yang menghadiri peresmian ini, dalam sambutannya.

Setyo Adi Nugroho/Otomania Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

ADM selaku perakit, mengklaim berhasil mendongkrak kandungan lokal Toyota Calya dan Daihatsu Sigra hingga 94 persen. Kedua perusahaan membenamkan investasi Rp 1,1 triliun, untuk mewujudkan proyek mobil murah tujuh penumpang ini. Sebelumnya, kedua perusahaan sudah punya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, juga LCGC, tapi bergenre city car.

"Kendaraan multi purpose vehicle (MPV) masih jadi kendaraan yang paling diminati masyatakat Indonesia. Kolaborasi ini akan memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk kemdaraan yang berkualitas," ucap Sudirman MR, Presiden Direktur ADM.

Kedua produk MPV LCGC ini akan diproduksi di pabrik Daihatsu di Karawang yang memiliki kapasitas produksi 200.000 unit per tahun. Sebelumnya, Toyota dan Daihatsu sudah punya tiga pasang model kolaborasi, yakni Avanza-Xenia, Rush-Terios, dan Agya-Ayla.

Dengan status kendaraan multi guna, dipercaya Calya-Sigra bakal menyamai sukses Avanza-Xenia ketika diluncurkan pertam kali, 2003 akhir. Informasi lanjutan mengenai kedua model, akan dilanjutkan pada artikel selanjutnya, dilaporkan langsung dari lokasi peluncuran. Simak terus!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com