Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bicara Keunggulan BMW Motorrad G310R

Kompas.com - 14/07/2016, 15:05 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pembangunan diler BMW Motorrad di di Jakarta Selatan oleh Maxindo Moto Nusantara telah diakui sebagai langkah persiapan menyambut masuknya banyak model baru. Salah satu yang potensial menjadi volume maker adalah model termurah, G310R.

Sepeda motor bermesin 1-silinder 313cc DOHC berpendingin cairan itu merupakan roadster pertama BMW Motorroad di bawah 500cc. Pengembangannya atas kerja sama dengan produsen TVS asal India, langkah ini dilakukan sebagai strategi BMW Motorrad untuk menjangkau pasar lebih luas.

Tujuannya, membuat BMW Motorrad mulai jadi pilihan bikers pemula. G310R dikemas sebagai kendaraan harian yang fleksibel dengan performa dinamis.

Joe Frans CEO Maxindo angkat bicara soal keunggulan G310R. Dia mengatakan pihaknya saat ini belum bisa merilis harga jual karena belum ada keterangan harga modal dari prinsipal, namun bisa dipastikan G310R bakal bisa dilihat lebih dekatdi pameran otomotif akbar bulan depan.

“Yang menarik, mesin G310R itu efisien, jadi cukup hemat. Satu hal yang bisa dilihat langsung, silindernya miring berapa derajat. Kemiringannya agar flow dari pembakaran dan intakemembuatnya semakin efisien,” jelas Joe.

Dilansir dari Motorcycle-usa.com, silinder mesin miring ke belakang dan kepala silinder diputar 180 derajat. Menurut BMW Motorrad, desain itu membantu titik pusat gravitasi semakin rendah. G310 sanggup menghasilkan tenaga 34 tk dan torsi 28 Nm.

1-silinder

Di Indonesia sudah terbukti, mesin 2-silinder lebih digemari. Namun Joe mengatakan jumlah silinder bukan jadi pegangan mesin motor bagus atau tidak. “Contoh mesin boxer BMW 2-silinder, ini bukan masalah silinder. Tapi desain mesinnya,” katanya.

Soal performa, mesin 2-silinder memang tidak bisa dikatakan lebih baik, tapi kelebihannya suara stereo yang keluar ketika knalpot diganti versi performa digandrungi banyak bikers.

Walau bakal mendebut di Indonesia pada tahun ini, G310R rencananya baru dijual tahun depan. Sebelum G310R meluncur, Maxindo akan fokus pada model lain, salah satu yang dipersiapkan, R Nine T Scrambler. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com