Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Genjot Ekspor Sedan

Kompas.com - 27/06/2016, 19:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pasar sedan di dalam negeri yang tidak semeriah Multi-Purpose Vehicle (MPV) atau Sport Utility Vehicle (SUV), tidak menyurutkan upaya PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) untuk memproduksinya. Justru momen ini dimanfaatkan perusahaan untuk mengubah orientasi produksi sedan sebagai model global.

Karena itulah, TMMIN terus mengirimkan ribuan unit Vios ke mancanegara setiap bulannya. Dari total volume produksi model Vios, sebanyak 15 persen diserap pasar domestik. Sedangkan selebihnya, yaitu 85 persen, diekspor ke 13 negara di dunia.

Vios mulai diproduksi di dalam negeri sejak Desember 2013. Fasilitas produksi TMMIN Karawang 2 di kawasan industri Karawang International Industrial City (KIIC), Jawa Barat, adalah lokasi manufaktur model sedan yang memiliki tingkat kandungan dalam negeri 60 persen ini.

Hanya berselang beberapa bulan setelahnya, Vios langsung diekspor ke negara-negara di kawasan Asia dan Timur Tengah pada Maret 2014 dengan volume sekitar 1.500 unit per bulan.

Jaminan kualitas produk berstandar internasional yang dihasilkan oleh tangan-tangan trampil anak bangsa mampu mendongkrak performa ekspor Vios. Secara bertahap volume ekspor Vios meningkat hingga mencapai 3.500 unit per bulan. Hingga kini, Vios menjadi sedan pertama buatan Indonesia yang berhasil diekspor secara berkelanjutan dalam jumlah signifikan.

Sejak pertama kali diproduksi, pabrik TMMIN Karawang 2 telah menghasilkan sebanyak 110.500 unit Vios. Dari keseluruhan volume tersebut, sebanyak 93.900 unit diekspor ke mancanegara, sedangkan sebanyak 16.600 unit diserap pasar domestik.

”Ekspor Vios adalah bukti bahwa Indonesia memiliki potensi memenangkan kompetisi yang semakin kompetitif di era perdagangan bebas. Namun kita harus terus bekerja keras menjaga daya saing, seperti memperkuat kedalaman industri otomotif dan kualitas sumber daya manusia, agar tetap dapat berkompetisi dan dipercaya sebagai basis produksi dan ekspor Vios,” ucap Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com