Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Mulai Serius Ekspor Motor dari Indonesia

Kompas.com - 22/06/2016, 07:44 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Meski sudah jadi pemimpin pasar sepeda motor dalam negeri, Astra Honda Motor (AHM) tidak ingin kalah juga dalam ekspor. Memiliki empat pabrik (akan menjadi lima) di Indonesia, membuat mereka bukan hanya sanggup mencukupi pasokan sepeda motor dalam negeri, tetapi juga untuk dijual ke luar negeri.

Dari data ekspor kendaraan roda dua Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), AHM punya pertumbuhan yang mengejutkan. Tidak tanggung-tanggung, peningkatan ekspor AHM mencapai 770,01 persen, periode Januari-Mei 2015 dibanding 2016.

 

Secara total unit, lima bulan pertama 2015 AHM hanya mengekspor 3.201 unit, sementara di periode sama 2016 ada di angka 27.849 unit. Walaunpun pencapaian di 2016 ini masih jauh di bawah Yamaha sebagai penyumbang terbesar, tapi upaya AHM mengejar ketertinggalan patut diapresiasi.

Thomas Wijaya, General Manager Penjualan PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, perkembangan ekspor sepeda motor AHM masih cukup besar ke depannya, apalagi dengan proses produksi yang sudah memenuhi standar dunia.

“Prospek ke depan cukup besar, dengan desain dan teknologi, serta proses produksi yang sudah memenuhi standard global, bahkan kami jadi pemimpin. Prospek kami masih terus pelajari dan kembangkan di negara Asia khususnya ASEAN,” ujar Thomas kepada KompasOtomotif, Selasa (21/6/2015).

Grafik penjualan tiap bulannya masih naik turun, namun performa ekspor Honda Mei 2016 tampak mengalami peningkatan 19,14 persen. Jika pada April hanya 5.251 unit, di Mei menjadi 6.274.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com