Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minimnya Fasilitas Khusus Sepeda Motor

Kompas.com - 14/06/2016, 03:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor mendominasi kasus kecelakaan yang ada di jalan raya Indonesia. Pada 2015, kendaraan roda dua menyumbang 56 persen atau 5.036 kejadian dari total 9.002 kecelakaan.

Edo Rusyanto, koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) mengatakan, fasilitas khusus sepeda motor perlu disediakan, salah satunya untuk menurunkan angka kecelakaan dan memberikan kenyamanan pada pengendaranya.

“Jalur khusus sepeda motor perlu. Terutama untuk kawasan-kawasan yang berpotensi memicu terjadinya kecelakaan. Infrastruktur yang memadai sudah terbukti mampu menekan angka kecelakaan dan fatalitasnya,” ujar Edo kepada KompasOtomotif, Senin (13/6/2016).

Edo melanjutkan, beberapa fasilitas yang harus mendapat perhatian, yaitu jalur khusus sepeda motor dengan separator beton dengan penerangan lampu yang cukup. Lalu, fasilitas halte berteduh, serta memperbanyak rambu dan marka sepeda motor.

“Tentu urgensinya untuk keselamatan para pengguna jalan. Jadi sediakan infrastruktur dan sosialisasi yang massif kepada masyarakat. Lebih dari itu, tegakkan hukum yang tegas dan konsisten,” ujar Edo.

Malaysia dan Inggris sudah menggunakan cara ini untuk menurunkan angka kecelakaannya, sejak 1980. Dari hasil evaluasi, Malaysia berhasil menurunkan jumlah kecelakaan sepeda motor sebesar 39 persen dan tingkat fatalitas hingga 83 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com