Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Teori Agar Ilmu Modifikasi Makin Lengkap

Kompas.com - 22/05/2016, 14:23 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Makassar, KompasOtomotif – Payung besar pelaku modifikasi dalam negeri, National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) kembali menggelar seminar yang kali ini digelar di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Jumat (20/5/2016). Salah satu kota berpenduduk terbesar di Indonesia ini terpilih sebab menjadi rumah banyak rumah modifikasi.

Tercatat, lebih dari 60 rumah modifikasi dan komunitas yang hadir dalam seminar. Para peserta mendapat pengetahuan tentang pembagian kelas pemodifikasi, cara pengerjaan modifikasi yang layak dan detail, budaya kontes, dan pengenalan produk.

Pembicara dalam seminar adalah Oscar Widjaja dari Premium Material dan Eric Setioprabowo dari RX Autopro. "Sudah saatnya saya membagikan ilmu ini, saya punya mimpi lewat NMAA, seluruh pemodifikasi di Indonesia mempunyai dasar dan landasan yang benar," kata Eric.

Salah satu penggagas NMAA, Andre Mulyadi, memaparkan, seminar NMAA berhasil jadi wadah yang mempersatukan para pemodifikasi di Makassar. Pemilik rumah modifikasi Signal Kustom di Bandung itu sebelumnya bertemu dengan jagoan-jagoan modifikasi asal Makassar sebagai pesaing namun sekarang rasa persaingan dikesampingkan untuk tujuan lebih besar.

"Saya sudah bertahun-tahun tidak berbicara dengan rival saya di Makassar, tapi lewat NMAA saya mengerti hal itu harus diubah dan saya bergandengan tangan sekarang,” ujar Andre.

Ada dua cara memahami modifikasi lebih dalam, yaitu menggunakan teori sebagai basis pengetahuan dan praktek coba-gagal yang memupuk pengalaman. Kondisi saat ini para pemodifikasi lebih banyak memakai pengalaman, maka itu seminar yang menjelaskan teori terus digelar agar pengetahuan semakin lengkap.

Sebelumnya seminar NMAA sudah menyambangi Bali dan Yogyakarta. Setelah Makassar, road show  bakal mengunjungi Surabaya pada 26 Oktober 2016 dan di Jakarta pada 4 Juni 2016. NMAA terbentuk pada Maret lalu, asosiasi ini punya misi memajukan industri modifikasi dalam negeri ke level lebih tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com