Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Jadi Pemodifikasi Kelas "Master"

Kompas.com - 10/04/2016, 17:08 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Pada level profesional, para wirausawan pemodifikasi kendaraan wajib dibekali pengetahuan teori sebagai dasar aplikasi. Atas dasar itulah seminar "Modificators and Trimmer Goal" atas inisiasi National Modificator And Aftermarket Association (NMAA) dan Indonesia Authorized Trimmer Summit, Minggu (10/4/2016).

Seminar dibuka di Gedung Niaga lantai 2 JJExpo Kemayoran, Jakarta, sebagai bagian dari Indonesia International Motor Show 2016. Acara ini didukung narasumber kelas dunia, yaitu Managing Director of Wollsdrof Leather in Australia Mike Sheehan dan Managing Director of Ammon Leather Frank Wang.

Selain itu, sumber lainnya berasal dari para ahli modifikasi asal Indonesia, yakni CEO Signal Group Andre Mulyadi dan CEO Premium Material Oscar Widjaja.

"Seminar ini adalah kelas Master yang bertujuan membawa industri aftermarket Indonesia, khususnya modificator dan trimmer ke level selanjutnya. Acara ini juga kesinambungan dari visi NMAA untuk membawa dunia modifikasi ke dimensi lifestyle," ujar Andre.

Master

Oscar menjelaskan, "Master" diasosiasikan dengan ahli. "Atau kata serapannya seseorang yang punya pengetahuan dan skil atas hal tertentu. Selain itu, dia pasti punya strategi bisnis seperti marketing dan pemasaran," ujar Oscar.

Jumlah seluruh peserta mencapai 19 orang yang sebagian besar asalnya dari bidang trimmer atau pemodìfikasi interior. Pendaftaran telah dibuka sebelum acara dengan biaya pendaftaran Rp 750.000.

Seminar dibagi menjadi tiga sesi. Pertama, diisi oleh Oscar bersama Mike dan Frank mengenai identifikasi detail produk OEM, lalu sesi kedua diberikan oleh hanya Oscar tentang membuat produk restorasi OEM, dan sesi ketiga bagaimana menjadi pemodifikasi profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com