Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Pabrik Toyota Kembali Beroperasi

Kompas.com - 09/05/2016, 16:21 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Nagoya, KompasOtomotif – Gempa yang terjadi pada Kamis (14/4/2016) di Jepang, membuat rantai suplai pabrik Toyota mengalami masalah. Akibatnya, lebih dari 10 pabrik berhenti beroperasi dan baru akhir pekan lalu, Toyota kembali mengoperasikan delapan tempat perakitannya di kawasan Aichi sekitar markas Toyota serta bagian utara dan barat Jepang.

Diberitakan laman Nikken Asian, Senin (9/5/2016), meski belum 100 persen pulih, namun volume produksi harian Toyota di Jepang menuju normal, yakni sekitar 13.000 unit. Rencananya, pabrik lainnya akan beroperasi pada 14 Mei 2016.

Baca juga, Toyota Stop Produksi Sementara

Sementara model-model Toyota yang berhenti diproduksi seperti crossover RAV4, Prius hibrida, Lexus serta Scion xB dan tC untuk Amerika Serikat. Namun, untuk Lexus sudah mulai berjalan, tetapi belum 100 persen.

Tak hanya itu, salah satu perusahaan pemasok yang terganggu karena gempa ialah Renesas Electronics Corp. Perusahaan pembuat segala sesuatu tentang kontrol microchips mulai dari sistem injeksi bensin hingga kantong udara ini berhenti memproduksi untuk sementara.

Baca juga, Toyota Kehilangan 80.000 Unit karena Gempa

Pabrik Reneas terletak di utara Jepang. Reneas juga pernah mengalami hal serupa saat Jepang dilanda gempa pada 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com