Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampang Jelas Skuter Listrik Garansindo

Kompas.com - 07/04/2016, 07:23 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Video bocoran motor listrik Garansindo saat menjalani “uji ringan”  memang menampakan wujud pengembangan prototipe, namun karena kualitasnya kurang bagus tampang aslinya belum terlihat jelas. KompasOtomotif, Rabu (6/4/2016), berhasil mendapatkan foto-foto yang memperlihatkan dengan jelas calon model skuter itu.

Pusat Unggulan Iptek Sistem dan Kontrol Otomotif ITS Prototipe kedua skuter listrik Garansindo-ITS.
Menurut keterangan dari Muhammad Nur Yuniarto, Kepala Peneliti Kendaraan Listrik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), model ini belum punya nama, desainnya dirancang oleh ITS terinspirasi dari skutik Jepang meski belum tentu digunakan sampai versi produksi, dimensinya seukuran Honda Vario.

Dari foto bisa terasa, dimensi bukan satu-satunya yang terinspirasi dari Vario. Bentuk wajah juga sangat mirip walau ITS telah mengubah bentuk lampu depan dan lampu sein berbentuk garis di tepi. Lampu sein model garis juga terdapat di buritan.

Spesifikasi kaki-kaki terlihat familiar, desain pelek mirip Kawasaki Ninja ukuran 17 inci dengan ban profil lebar. Kedua pelek dilengkapi rem cakram. Penggerak roda memakai tipe belt seperti Zero Motorcycles.

Pusat Unggulan Iptek Sistem dan Kontrol Otomotif ITS Tampak belakang skuter listrik Garansindo-ITS
Skuter listrik ini menggendong baterai berkapasitas 7 kWh sebagai sumber tenaga yang terletak di bawah jok. Tanpa mesin bakar, berarti skuter ini tidak punya knalpot dan jadi lebih ramah lingkungan. Sekali terisi penuh daya jelajahnya mencapai 100 km, proses isi ulang energi baterai berkisar 3 – 4 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com