Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ladies" Perhatikan Ini Kalau Mau Punya Mobil Awet!

Kompas.com - 19/03/2016, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif –
Entah karena kodrat atau memang sudah bawaan, karakter mengemudi wanita dan pria biasanya berbeda karakter.Cara mengemudikan kendaraan tersebut yang membuat ada bagian mobil yang kerap mengalami kerusakan.

Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, berdasarkan pengalamannya, ada dua bagian mobil yang sering alami kerusakan, bagi pemilik perempuan. Pertama pelat kopling, dan yang kedua bodi mobl yang sering pengok serta baret-baret.

“Menurut saya kedua hal tersebut yang kerap dialami oleh mobil dengan pemilik perempuan. Tapi memang tidak semua seperti itu,” ujar Iwan kepada KompasOtomotif, Kamis (17/3/2016).

Iwan melanjutkan, plat kopling cepat aus itu disebakan karena perempuan sering melakukan teknik setengah kopling, tentu agar tidak kerepotan kalau harus menarik rem parkir. Kondisi tersebut tentu akan mempengaruhi komponen pelat kopling. Selain itu juga disebabkan oleh cara berkemudi yang agresif atau “sradak-sruduk”.

“Sebaiknya memang menggunakan rem parkir atau rem tangan, daripada harus menahan kopling setengah,” ujar Iwan.

Iwan menambahkan, terkait dengan bodi sendiri, perempuan yang bisa mengemudikan mobil cenderung cuek, dan enggan untuk melongok ke kanan atau kekiri. “Tentu kebiasaan buruk tersebut jangan lantas didiamkan, tetapi sebaiknya harus diperbaiki. Agar kondisi mobil selalu daam kondisi baik,” ucap Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com